The PENGARUH POLA PENGASUH ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH KlODRAN COLOMADU KARANGANYAR

Penulis

  • Alfina Endah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Wili Astuti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.57565

Kata Kunci:

Parenting styles, Creativity, The influence of parenting

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (Quantitatif Research). Dimana sebagian besar latar belakang pekerjaan orang tua di TK Aisyiyah Klodran berprofesi sebagai wiraswasta maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kreativitas anak usia dini di TK Aisyiyah Klodran terletak di kecamatan Colomadu Kab. Karanganyar. Penelitian ini menggunakan sumber data primer untuk memperoleh data melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil uji prasyarat menunjukan bahwa data berdistribusi normal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh pola asuh otoriter terhadap kreativitas anak di TK aisyiyah klodran colomadu karanganyar. Memiliki pengaruh yang  cukup tinggi dengan tanda 0.546. bahwa thitung= 3,80014 > ttabel 1,68830, 2) Terdapat pengaruh pola asuh demokratis terhadap kreativitas anak di TK aisyiyah klodran colomadu karanganyar. Memiliki pengaruh yang cukup tinggi, dengan tanda 0.546, bahwa thitung= 3,80014  > ttabel 1,68830, 3) Terdapat pengaruh pola asuh permisif terhadap kreativitas anak di TK aisyiyah klodran colomadu karanganyar. Memiliki pengaruh yang  cukup tinggi, dengan adanya tanda 0.546. bahwa thitung= 3,80014  > ttabel 1,68830, 4) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kreativitas anak di TK aisyiyah klodran colomadu karanganyar. Memiliki kategori cukup tinggi yaitu r= 0.546 dengan t hitung 3,80014  > dari Ttab 1,68830.

Referensi

Adifta, E. D., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 340. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2561. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2561

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269. DOI: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Ayu, T., Marmawi, & Miranda, D. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 10(4), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46251.

Aziza, R. N., & Dzhalila, D. (2018). Metode Kuantitatif Dengan Pendekatan Klasik Pada Aplikasi Analisis Butir Soal Sebagai Media Evaluasi Penentuan Soal Yang Berkualitas. Kilat, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.33322/kilat.v7i1.104. DOI: https://doi.org/10.33322/kilat.v7i1.104

Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590. DOI: https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

Bhakti, B. N., Nurfaizal, Y., & Anwar, T. (2021). Analisis Komparasi Teknik Rendering Blender Render Dan Cycles Render Pada Video Animasi 3d Tentang Alat Pencernaan Manusia. Technomedia Journal, 6(2), 188–196. https://doi.org/10.33050/tmj.v6i2.1723. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v6i2.1723

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Glăveanu, V. P. (2011). Children and creativity: A most (un.)likely pair? Thinking Skills and Creativity, 6(2), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2011.03.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2011.03.002

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861. DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Indrasworo, G. P., & Juwono, O. (2018). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Di Rumah Makan Bakso Titoti, Cabang Ciledug. Financial Marketing Operational Human Resources (FAMOUS), 1(1). https://jom.fe.budiluhur.ac.id/index.php/JEMAN/article/view/90.

Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh bermain pasir kinetik terhadap kreativitas anak. Jpp Paud Fkip Untirta, 6(1), 21–28. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7369.

Khoiriyah, I. K., Roziqin, M. M., & Ulfa, W. K. (2020). Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah: Komponen, Aspek dan Pendekatan. Qudwatuna, 3(1), 25–46. https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74.

Manurung, K. (2022). Membingkai Kontribusi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sebagai Pola Pendidikan Kristen Di Keluarga. Harati Jurnal, 2(1), 85–100. https://doi.org/10.1177/17506980211024321. DOI: https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.91

Martini, & Sitorus, M. (2023). Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746. DOI: https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746

Mulyadi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Journal of Accounting Science, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21070/jas.v3i1.2535. DOI: https://doi.org/10.21070/jas.v3i1.2535

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185. DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Puspita, M., Sutinah, & Ulfa, M. (2018). Pengasuhan orang tua dengan kreativitas anak prasekolah di TK Al-Azhar Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, 7(2), 3–9. https://doi.org/10.30644/rik.v7i2.170. DOI: https://doi.org/10.30644/rik.v7i2.170

Robiatus, & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak usia Dini. Golden Age: Jurnal Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.29313/ga.jjpaud.v5i1.8522. DOI: https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Sabilla, L. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Bermain Plastisin Di Tk Darul Falah. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 44–55. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.4529. DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.4529

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sopiah, E. S., Sunaryo, Y., & Effendi, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas Viii Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4396. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4396

Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29. https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392. DOI: https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392

Sunariyadi, N. S., & Andari, I. A. M. Y. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266. DOI: https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266

Suryani, N. A., & Haryono, M. (2018). Improvement of the Logical Intelligence Through Media Kolak (Collage Numbers) Based on Local Wisdom on Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Cahaya Paud Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 128–137. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/download/ 2090/1557. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119. https://doi.org/10.15294/UJM.V7I1.27385.

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131–145. https://doi.org/10.37577/jp3m.v2i2.272. DOI: https://doi.org/10.37577/jp3m.v2i2.272

Zakaria. (2021). Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 4(2), 81–90. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.276.

Diterbitkan

2023-08-20

Cara Mengutip

Sulis Setiawati, A. E. ., & Astuti, W. (2023). The PENGARUH POLA PENGASUH ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH KlODRAN COLOMADU KARANGANYAR . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 293–300. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.57565

Terbitan

Bagian

Articles