Innovative Bamboo Bowling Game to Improve Motor Skills in Early Childhood
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.63257Kata Kunci:
Game, Innovative Bamboo Bowling, Motoric AbilityAbstrak
Kurangnya alat permainan edukasi untuk memberikan stimulasi pada aspek motorik kasar anak menjadi salah satu keterbatasan guru dari TK Pratama Widya Pasraman Gurukula Bangli. Tujuan penelitian untuk mengembangkan dan menginovasi permainan bowling sebagai media untuk stimulasi motorik kasar anak. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan pendekatan ADDIE. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan kepustakaan. Analisis dilakukan dengan pendekatan teori perkembangan anak. Hasil Penelitian menjelaskan analisis kebutuhan: 1. Kebutuhan berdasarkan kurangnya standar jumlah APE yang dimiliki sekolah dan pendukung dari kurikulum 13, 2. Design dan bentuk ditentukan sesuai usia anak 5-6 tahun, 3. Capaian yang dicapai melalui APE disesuaikan dengan indikator aspek motorik pada kurikulum merdeka bermain. Validasi ahli menunjukkan Design dan APE yang dibuat layak untuk diimplementasikan serta menanggapi dengan baik media (APE) dengan tampilan yang sesuai dan menarik dengan karakteristik anak usia 5-6 tahun. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan APE bisa dilakukan dengan mempertimbangkan sumber daya yang terdapat di lingkungan sekitar sekolah sehingga dapat menunjang kegiatan pembelajaran secara maksimal.
Referensi
Abadiah, S. A., & Sidik, S. A. (2022). Permainan Bowling Modifikasi Meningkatkan Pemahaman Instruksi Sederhana Anak Autis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1374–1380. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3695.
Afni, R. N., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 22–34.
Amami, S. (2018). Desai Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2). DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Anggreini, R. K., & Dewi, N. R. (2020). Development of Ludo-Science Media with a Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Approach to Train the Activeness and Conceptual Understanding. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 241–267. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8677. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8677
Aulina, M. (2018). Mengembangkan permainan bowling untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok b di tk mutiara hati tahun ajaran 2017/2018.
Christianti, O. M. (2007). Anak dan Bermain.
Dinayusadewi, N. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Development Of Augmented Reality Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials. Journal of Education Technology, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372
Ertanti, D. W. (2020). Model Bowling Monster Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah, 3, 72–88. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/595.
Fara, F., Wondal, R., & Mahmud, N. (2020). Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas Pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2036. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2036
Fitriana, D. (2022). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 580. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726
Handayani, P., Sujarwo, S., & Khoiriyah, M. A. (2022). Media Video Games Wordwall dan Lembar Kerja untuk Kemampuan Membilang dan Motivasi Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6523–6536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3152. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3152
Hidayati, A. (2017). Merangsang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473. DOI: https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473
Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190–1196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183
Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media game edukasi digital berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/AULAD.V4I2.98. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98
Iman, N., Irfan, A. Z., Syarafuddin, H. M., & Endriani, A. (2020). Pelatihan Teknik Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas di PAUD Merpati Ampenan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(2), 73–77. DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7033
Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234
Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Sulistya Dewi, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Puzzle Terhadap Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas Viii Mts N 1 Semarang. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740
Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214
Lestari, S. D., & Puspitasari, I. (2021). Aktivitas Permainan Estafet Bola Modifikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 752 – 760. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1024. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1024
Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125–132. https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584. DOI: https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584
Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 681–692.
Mustika, N., & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pratiwi Wiwik. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5, 106–117. https://core.ac.uk/download/pdf/228816306.pdf.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain J, No. 02 November. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” Pengawas SMA Dinas Pendidikan Yogyakarta, 2(02), 42.
Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Rahmawati, L. (2016). Ketersediaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Ngampilan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 494–502. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/2124.
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000
S., T. S., Nasirun, M., & D, D. (2020). Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B1. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.16-24.
Saputra, I. M. P., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Muatan IPA Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(1), 88. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085
Setya Dewi, I. G. A. B., & Ganing, N. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Dua Dimensi Pada Muatan Bahasa Inggris Materi Pengenalan Kosa Kata. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45896. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45896
Shakespeare, W., & Anonymous, _. (2017). 2 (1.2). The New Oxford Shakespeare: Critical Reference Edition, Vol. 1, 5(April 2018), 294–310. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168151. DOI: https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168151
Sopiyati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020/. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 73–80. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.230.
Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1), 131–142. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mega Laksmi Febriantari Anak Agung Ayu, I Made Gede Anadhi, Ida Bagus Komang Sindu Putra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)