Media E-Scrapbook untuk Stimulasi Kreativitas Anak Kelompok B

Penulis

  • Ni Luh Trisna Angreni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.63317

Kata Kunci:

Kreativitas, Anak Usia Dini, Media Elektronik, E-Scrapbook, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media e-scrapbook terhadap kreativitas anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Candra Kasih, Denpasar sebanyak 42 anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh, dikarenakan semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Kelompok B2 sebanyak 21 anak terpilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 yang banyaknya 21 anak terpilih sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non test yaitu observasi dengan instrumen penilaian hasil karya anak berdasarkan rubrik penilaian kreativitas. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen 82,57 sedangkan pada kelompok kontrol 63 dengan skor maksimal adalah 100. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 6,70 dan lebih lanjut dengan taraf signifikan 5% dan dk = 40, maka ttabel adalah 2,021. Analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,70 > 2,021) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas anak yang dibelajarkan menggunakan media e-scrapbook dengan kelompok anak yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-scrapbook berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Candra Kasih, Denpasar, Tahun Ajaran 2022/2023. Maka, media e-scrapbook disarankan untuk digunakan pada pembelajaran dengan target pengembangan kreativitas anak kelompok B.

Referensi

Affrida, E. N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak dengan Alat Permainan Edukatif Blocks Pipe. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2092. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2092

Anggraeni, D., & Hibana, H. (2021). Redesain Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bercerita. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12196.

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Antara, I. G. W. S., & Dewantara, K. A. K. (2022). E-Scrapbook: The Needs of HOTS Oriented Digital Learning Media in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Astuti, W., Nur’Aini, D. E., & Sangadah, L. (2022). Pengembangan Open Ended Play Untuk Meningkatkan Kompetensi Abad 21 (4cs) Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Graha Pengabdian, 4(3), 223–236. https://doi.org/10.17977/um078v4i32022p223-236. DOI: https://doi.org/10.17977/um078v4i32022p223-236

Cahyaningrum, V. D., Tambunan, W., & Tampubolon, H. (2023). Kinerja Guru Dalam Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (Hots) di Sekolah Dasar X Bekasi Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5376–5381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11878.

Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190–199. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163. DOI: https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hasanah, N., & Suyadi. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50.

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715–2722. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1151.

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2022). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151–158. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Jaya, A. F. (2019). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A di Lingkungan Keluarga. Child Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018. DOI: https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018

Lestari, I. D., Ramdhayani, E., Syafruddin, S., Noviati, W., & Sholihin, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Ekoliterasi Berbasis Media Scrapbook Di Madrasah Aliyah Nw Samawa. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 8(2), 86–93. https://doi.org/10.30598/biopendixvol8issue2page86-93.

Lestari, N., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Media Scapbook Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Struktur tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2220. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2220

Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran tari kreatif terhadap kemampuan motorik kasar kelompok b gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236–245. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010

Maknun, J. (2022). The technological pedagogical content knowledge (TPACK) competence of vocational high school teacher. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/jptk.v28i1.42624. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v28i1.42624

Maswar, M. (2017). Analisis statistik deskriptif nilai UAS ekonomitrika mahasiswa dengan program SPSS 23 & Eviews 8.1. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 273–292. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.54. DOI: https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.54

Muktadir, A., Wardhani, P. A., Arif, A., & Wicaksono, J. W. (2020). Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 146–156. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18278. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18278

Munar, A., Winarti, W., Rezieka, D. G., & Aulia, A. (2022). Improving Higher Order Thinking Skill (Hots) in Early Children Using Picture Story Book. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4611–4618. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2224. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2224

Munasti, K., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Penggunaan Mind Mapping sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 179–185. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.104. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.104

Mutia, P. A., & Ismet, S. (2019). Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3294. DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3294

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007. DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nugraha, H., Rusmana, A., Khadijah, U. L. S., & Gemiharto, I. (2021). Microlearning Sebagai Upaya dalam Menghadapi Dampak Pandemi pada Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 225–236. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p225. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p225

Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan pembelajaran steam melalui metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di tk pelita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 504–511. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1658. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1658

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1). https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672. DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.386

Nurmansyah, U. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 195–211. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1147. DOI: https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1147

Nusa, P. D., Sumarno, S., & Aziz, A. (2021). Penerapan Pendekatan TPACK untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Kemiri. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 12(1), 91–97. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26251. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26251

Oktaviana, A. (2022). Kreativitas Anak Usia Dini Perspektif Filsafat Pendidikan Eksistensialisme. Jurnal Golden Age, 6(1), 240–251. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5289.

Permatasari, R. W. (2014). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas pada siswa TK Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 64–75. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3549.

Pertiwi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Beredisi Islami Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 04 Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 101–108. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.3615. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.3615

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic literature review: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127. DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Qolbiyah, G., Kurniasih, S., & Sundari, F. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Tema Cita-Citaku Subtema Aku Dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(2), 65–72. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.65-72. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.65-72

Rahmawati, I. G. A. Y., & Tirtayani, L. A. (2021). Media E-Scrapbook untuk Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 141–148. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35404. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35404

Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000

Ristiyah, A. Z., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2). https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5096. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5096

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis konteks budaya Banten pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/10.58230/27454312.71.

Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44–50. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1). https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105. DOI: https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953. DOI: https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Solifah, P., Prasetya, S. A., & Reffiane, F. (2020). Program TV Bocah Petualang Tema Pegunungan sebagai Pematik Kreativitas Berkarya Anak SDN Peterongan Semarang. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 93–101. https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i2.3894. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27146

Suriati, S., Kuraedah, S., & Erdiyanti, E. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211–223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Sutama, I. W., Gonadi, L., Astuti, W., & Anisa, N. (2020). Pengembangan Aktivitas Bermain Pemicu Kecakapan Berpikir Tingkat Tinggi Anak Bagi Guru Tk Kecamatan Klojen Kota Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.17977/um078v2i12020p27-39.

Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Yuniarni, D. (2016). Peran paud dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini demi membangun masa depan bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Zaenab, S., & Sueca, I. N. (2018). Mencerdaskan Anak Bangsa Melalui Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.589. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.589

Diterbitkan

2023-08-20

Cara Mengutip

Angreni, N. L. T., & Didith Pramunditya Ambara. (2023). Media E-Scrapbook untuk Stimulasi Kreativitas Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 192–199. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.63317

Terbitan

Bagian

Articles