Perspektif Guru Mengenai Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Power Point Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.63800Kata Kunci:
Media Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Anak Usia Dini dan Microsoft PowerPointAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perspektif guru mengenai penerapan dan penggunaan media berbasis pembelajaran interaktif dengan bantuan PowerPoint sebagai alternatif dalam proses pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK N Pembina Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain fenomenologis. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan 7 guru di TK tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif memberikan manfaat dalam meningkatkan minat dan kemudahan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Guru-guru melihat bahwa media pembelajaran interaktif telah membantu mereka dalam menyampaikan tujuan pembelajaran dan menarik perhatian anak. Meskipun ada beberapa hambatan dalam penerapan media pembelajaran interaktif, guru-guru berpendapat bahwa media tersebut layak digunakan di TK N Pembina Semarang. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perspektif guru terhadap penerapan media pembelajaran interaktif di TK dan memberikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam menggunakan media tersebut sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif di TK.
Referensi
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856.
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252–260. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043.
Aryani, Ni Wayan, & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Ayu, N. K., & Manuaba, I. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. https://doi.org/10.17509/IJPE.V2I2.15100. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613
Djafar, I., Hasyrif, H., Nurdiansah, N., Bahtiar, A., & Harlina, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Pada Smk Negeri 1 Jeneponto. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(2), 124–134. https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i2.118.
Elfiadi, E. (2019). Persepsi masyarakat Aceh Utara terhadap pendidikan anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 150–159. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3738. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3738
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75–84. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Humairah, E. (2022). Media pembelajaran berbasis power point guna mendukung pembelajaran IPA SD. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 249–256. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.196.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267. DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Novita, C. C., & Suyadi, S. (2020). Penggunaan Mainan Kartu Kata Membaca Berputar Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(3), 132–138. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i3.82. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v3i3.82
Pahenra, P. (2020). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
Pratiwi, N. K. A., & Tirtayani, L. A. (2021). Multimedia Interaktif Sub Tema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 186. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi pengenalan perangkat keras komputer berbasis android menggunakan augmented reality (ar). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 2(2), 24–31. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884. DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391
Rupnidah, Suryana, & Dadan. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 34. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Sari, N. P., Utoyo, S., & Zubaidi, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Kelompok B (5-6 Tahun). Student Journal of Early Childhood Education (SJECE), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.63. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.63
Setiawati, F. A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274. DOI: https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274
Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Penguasaan It Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi. Forum Paedagogik, 12(2), 201–215. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901. DOI: https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901
Simbolon, N., Suartama, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Prakarya untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.634
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video animasi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 1–14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2). https://doi.org/10.21009/jiv.1502.1. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1502.1
Wildaiman, M., Tinenti, Y. R., & Boelan, E. G. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI Kupang. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 812–820. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.569. DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.569
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34. DOI: https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891. DOI: https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tasya Auprilia Putri, Reni Pawestuti Ambari Sumanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)