Pengembangan Media Busy Book Berbasis pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-6 Tahun di Tk Negeri Pembina Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.64154Kata Kunci:
busy book, pendekatan kontekstual, motorik halusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Busy Book Berbasis Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-6 Tahun di Tk Negeri Pembina Singaraja. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, 1 orang ahli praktisi, uji coba perorangan 3 anak dan uji coba kelompok kecil 10 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Media Busy Book dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase hasil validitas ahli materi diperoleh skor 98,5%, hasil validitas ahli media diperoleh skor 90,5%, hasil validitas praktisi diperoleh skor 91%, hasil validitas uji perorangan diperoleh skor 95%, dan hasil validitas uji kelompok kecil diperoleh skor 98%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Busy Book Berbasis Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-6 Tahun di Tk Negeri Pembina Singaraja layak untuk digunakan.
Referensi
Adi, B. S. (2013). Hubungan Pola Asuh dengan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3031. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3031
AH, N. M. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.29062/seling.v4i2.301.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943.
Asmawulan, T., Agustina, L., Kurnianingrum, D., & Herawati, N. (2023). Media Goodie Book untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2202–2212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3902. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3902
Az-Zahra, P., Fauzi, T., & Andriani, D. (2022). Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 84–94. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10693. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10693
Bakhtiar, A. M. (2022). Pengembangan Media Busy Book Untuk Materi Membilang Benda Anak Tunagrahita Ringan. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 103–108. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3702. DOI: https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3702
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Pada Siswa Autis. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 241–252. https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.300.
Dewi, N. S., & Aulina, C. N. (2021). Penerapan Kegiatan Bajumput (Membatik Jumputan) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.24853/yby.5.1.%25p.
Febiyanti, A., Kurniati, E., & Emilly Nzunda, I. (2021). Teachers’ Strategies in Introducing Literacy to Early Childhood: Lesson from Indonesia. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.72-03. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.72-03
Gobel, I., Ahmad, M., & Sudirman, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Study. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2526. DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2526
Hanifah, M., & Alam, S. K. (2019). Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lotto di Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 302–308. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p302-308. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p302-308
Husna, N., & Prasko, P. (2019). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1), 51–55. https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4408. DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4408
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Ita, E., & Dhiu, K. D. (2022). Pengembangan busy book learning media dalam pembelajaran bahasa keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal smart paud, 5(2), 149–155. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.4.
Kabiba, K., Pahenra, P., & Juli, B. (2017). Keteladanan Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Etika pada Anak. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 10–22. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1553.
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603
Khadijah, K., Hasibuan, N. H., Nst, N. T., & Siregar, A. S. (2022). Analisis Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK El-Banna. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 326–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5226.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan moral pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Lestari, P. I., & Prima, E. (2017). The Implementation of Traditional Games to Improve the Social Emotional Early Childhood. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(3), 178–184. https://doi.org/10.26858/est.v3i3.4212. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i3.4212
Nugraheni, S., & Fakhruddin, F. (2014). Persepsi dan Partisipasi Orang Tua terhadap Lembaga PAUD Sebagai Tempat Pendidikan untuk Anak Usia Dini (Studi pada Orang Tua di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.3739.
Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah di Tk At-Taqwa Cimahi. Jurnal Keperawatan BSI, 5(2). https://doi.org/10.31311/.v5i2.2628.
Outhwaite, L. A., Faulder, M., Gulliford, A., & Pitchford, N. J. (2019). Raising early achievement in math with interactive apps: A randomized control trial. Journal of Educational Psychology, 111(2), 284–298. https://doi.org/10.1037/edu0000286. DOI: https://doi.org/10.1037/edu0000286
Parhan, M. P. (2018). Kontekstualisasi materi dalam pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.901. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.901
Prakarsi, E., Karsono, K., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 171–182. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703
Putri, A. A., & Suparno. (2020). Recognize Geometry Shapes through Computer Learning in Early Math Skills. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 50–64. https://doi.org/10.21009/jpud.141.04. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.141.04
Rahmawati, F. (2022). Dampak Pola Asuh Demokratif dan Primisif Terhadap Kualitas Motorik Anak 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42518. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42518
Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1), 114–130. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161. DOI: https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2022). Pengembangan media baret berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986
Setiobudi, E. (2017). Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 3(3), 170–182. https://doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1768. DOI: https://doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1768
Setyawan, P., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1087. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1087
Suharsiwi, S., Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797
Sukaeti, A. T. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Di Kelompok B Taman Kanak Kanak Muslimat NU Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 253–263. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40925.
Suryawan, I. A. J. (2020). Penanaman Nilai Moral dan Etika pada Anak Usia Dini Melalui Konsep Sorga Neraka. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.567.
Suwatra, Magta, & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257
Tangkuman, K., Tewal, B., & Trang, I. (2015). Penilaian kinerja, reward, dan punishment terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina (persero) cabang pemasaran suluttenggo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntans, 3(2). https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9245.
Tilaar, A. L. F. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 186–191. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.73. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.72
Triana, D. H., Sani, Y., & Vernanda, G. (2021). Efektivitas Media Busy Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Pada Anak Tunagrahita Kelas Ii Di Pklk Growing Hope Bandar Lampung. SNEED JOURNAL, 1(1). https://doi.org/10.36269/sj.v1i1.609.
Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan pemanfaatan busy book dalam mempercepat kemampuan membaca untuk anak usia dini di paud budi luhur padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 28–37. https://doi.org/10.24036/8121-0934.
Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02
Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak berbasis pendekatan tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Warnalina Nazara, I Made Tegeh, Dewa Ayu Puteri Handayani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)