Milenial Parents' Parenting Patterns are in Danger Use of Early Children's Gadgets
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.67258Kata Kunci:
Gadgets, Early childhood, Parenting, MillennialsAbstrak
Penggunaan gadget memiliki pengaruh negatif terhadap perkembangan anak usia dini. Hal ini disebabkan kurangnya pengawasan dari orang tua karena sibuk bekerja sehingga menyebabkan anak ketergantungan dengan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua milenial terhadap bahaya penggunaan gadget anak usia dini di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi pada kelima subjek penelitian untuk proses pengumpulan data. Metode analisis data dilakukan secara langsung berdasarkan hasil kerja lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua terbagi menjadi 3 yaitu : 1) pola asuh otoriter dilakukan orang tua agar anak disiplin dan patuh terhadap perintah orang tua. Jika anak tidak mematuhi perintah orang tua akan mendapat hukuman baik fisik maupun verbal; 2) pola asuh demokratis memberikan kebebasan kepada anak, namun orang tua tetap memberi batasan dan pengawasan. Anak dengan pola asuh tersebut menjadi mandiri dan memiliki kreativitas yang baik; 3) pola asuh permisif memberikan kebebasan kepada anak tanpa adanya teguran dan hukuman, meskipun anak melakukan kesalahan. Dalam penelitian ini pola asuh yang banyak diterapkan oleh orang tua milenial dalam penggunaan gadget anak dengan usia 3-6 tahun di Desa Tunggulrejo,cenderung menggunakan pola asuh permisif. Dampak negatif dari penggunaan gadget anak usia dini di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan yaitu gangguan kesehatan mata, anak mudah marah, anak lebih suka menyendiri, dan anak lebih males dalam melalukan sesuatu.
Referensi
Achsani, F. (2020). Dari Generasi Millenial hingga Generasi Alfa: Analisis Nama Masyarakat Banaran-Bugel. Mabasan, 14(1), 89–106. https://doi.org/10.26499/mab.v14i1.329. DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v14i1.329
Akhter, N., Aks-E-Noor, & Iqbal, S. (2020). Impact of Parents’ Authoritative Style on Personality Traits of Children: A Case Study of Elementary Class Students in Pakistan. Journal of Elementary Education, 29(2), 37–50. http://journals.pu.edu.pk/journals/index.php/jee/article/view/1616.
Ardoin, N. M., & Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature. Educational Research Review, 31(November 2019), 100353. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269. DOI: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Assari, S. (2018). Parental educational attainment and mental well-being of college students; diminished returns of blacks. Brain Sciences, 8(11), 1–10. https://doi.org/10.3390/brainsci8110193. DOI: https://doi.org/10.3390/brainsci8110193
Avelar, D., Dore, R. A., Schwichtenberg, A. J., Roben, C. K. P., Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2022). Children and parents’ physiological arousal and emotions during shared and independent e-book reading: A preliminary study. International Journal of Child-Computer Interaction, 33, 100507. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2022.100507. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2022.100507
Bjorklund, D. F. (2022). Children’s Evolved Learning Abilities and Their Implications for Education. In Educational Psychology Review (Vol. 34, Issue 4). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09688-z. DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-022-09688-z
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, 15(2), 116–123. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.234.
Diastuti, I. M. (2021). Hubungan antara Pola Asuh Keluarga dan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8447–8452. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.234. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2347
Effendi, F. P., & Dewi, D. A. (2021). Generasi Milenial Berpancasila di Media Sosial. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 116–124. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1051. DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1051
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Gustian, D. (2018). Pola asuh anak usia dini keluarga muslim dengan ibu pekerja pabrik. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 370–385. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3532. DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3532
Hadi, R., & Sumardi, L. (2023). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1062–1066. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324
Hidayatul M, F. A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Singosari. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 5(1), 40. https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7330. DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7330
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Karlina, D. A., Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2020). Mengeanalisis Dampak Positif dan Negatif Internet Untuk Anak Pada Orang Tua. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian, 1(2), 53–56. https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002. DOI: https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002
Kholifah, H. E. N., & Atzmardina, Z. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Ketajaman Mata Murid Kelas Viii-Ix Smp N 1 Karanganyar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1379–1384. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15289.
Lambert, V. a., & Lambert, C. E. (2013). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255–256. https://he02.tci-thaijo.org/index.php/PRIJNR/article/download/5805/5064.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Lestari, A., Putri, D., Pardosi, R. A., & Gusmaneli, G. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Akhlak Seorang Anak. Journal of Creative Student Research, 1(4), 216–228. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i4.2247.
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777
Mabaroh, B., & Sugianti, L. (2021). Gadget Addiction and the Students’ Achievement. International Journal of Social Learning, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.47134/ijsl.v1i3.59. DOI: https://doi.org/10.47134/ijsl.v1i3.59
Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat, 2(2), 269–286. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286. DOI: https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286
Mardiyana, R. (2022). The Effectiveness of Increasing Parental Competence in Assisting Children Accessing Gadgets in The Covid-19 Pandemic Era Before and After Being Given Counseling. Jombang Nursing and Midwifery Jojuurnal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.57101/jnmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.57101/jnmj.v1i1.8
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Mayasari, F. (2022). Etnografi Virtual Fenomena Cancel Culture dan Partisipasi Pengguna Media terhadap Tokoh Publik di Media Sosial. Journal of Communication and Society, 1(01), 27–44. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.15. DOI: https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.15
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis : a methods sourcebook (Third Edition). In SAGE Publications. SAGE Publications.
Mulyana, A., Suryani, I. S., Nurakillah, H., Darusman, S. E., & Kurnia, F. (2022). Perbedaan pola asuh demokratis dan otoriter terhadap kemandirian anak tunagrahita di slb yayasan “b” kota tasikmalaya. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(2), 522–529. https://doi.org/10.26751/jikk.v13i2.1532.
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 102–114. https://doi.org/https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896.
Muyasaroh, L., A., O. M. M., Mahfud, C., Mustakim, & Sejati, Y. G. (2020). The utilization of gadget in maintaining prophetical values in millennial generation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5602–5615. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201655. DOI: https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201655
Nadeem, K., & Ahmed, N. (2020). Persistent use of gadgets and internet in lockdown endangers childhood. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities, 2. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3650517.
Nurbaiti, N. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Pola Asuh Anak Perempuan Gayo. Alim | Journal of Islamic Education, 2(2), 137–150. https://doi.org/10.51275/alim.v2i2.181. DOI: https://doi.org/10.51275/alim.v2i2.181
Osin, R. F., Purwaningsih, N. K., & Anggayana, I. W. A. (2021). The Model of Development Tourism Village Through the Involvement of Millennial Generation in Bali. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 300–306. https://doi.org/https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/2322/1967.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pola, P., & Dalam, A. (2020). Minat Belajar Anak Di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/download/377/246. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066. DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Prayogi, Rayinda Dwi; Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318.
Rahmawati, A. N. (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Milenial Terhadap Pembentukan Keterampilan Berpikir Abad 21. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 12(1), 21–36. https://doi.org/10.29080/jbki.2022.12.1.21-36. DOI: https://doi.org/10.29080/jbki.2022.12.1.21-36
Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113. https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1910. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1910
Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361. DOI: https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379.
Rizanti, W. N., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 233–238. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2870.
Saputra, W. (2021). Pendidikan anak dalam keluarga. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609. DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE, 3, 265–278. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/103.
Sarla, G. S. (2020). Excessive use of electronic gadgets: health effects. The Egyptian Journal of Internal Medicine, 31(4), 408–411. https://doi.org/10.4103/ejim.ejim. DOI: https://doi.org/10.4103/ejim.ejim_56_19
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297. DOI: https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297
Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. oktaviant. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414. DOI: https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola asuh yang berbeda-beda dan dampaknya terhadap perkembangan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7, 130. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Tabi’in, A. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581
Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Tola, Y. P. (2018). Perilaku Agresif Anak Usia Dini di Lihat Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Buah Hati, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i1.562.
Tyastiti, V. H. (2020). The impacts of the use of gadgets on the development of children 3-6 years of age. The Southeast Asia Journal of Midwifery, 6(1), 34–38. https://doi.org/10.36749/seajom.v6i1.83. DOI: https://doi.org/10.36749/seajom.v6i1.83
Ulfah, A. A., & Fauziah, P. Y. (2020). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Tunggal Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 153–160. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.7. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1502.7
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159–176. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257. DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Walidah, I. A. (2018). Tabayyun di Era Generasi Millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2), 317. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1359. DOI: https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1359
Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179.
Yumarni, V. (2022). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 556623. https://pdfs.semanticscholar.org/4fca/e9916692b8b4d70836b6a25f8cd9349e7ce6.pdf.
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550. DOI: https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dyah Fitri Ramandhani, Mintarsih Arbarini, All Fine Loretha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)