Economic Status, Parenting Patterns, and Duration of Gadget Use Influence the Social Development of Group B Children
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.68997Kata Kunci:
Economic, Parenting, Gadgets, Social DevelopmentAbstrak
Di era globalisasi semakin banyak anak yang terpengaruh dengan kemajuan teknologi, salah satu kemajuan teknologi yang disukai anak-anak ialah gadget. Pengenalan gadget pada anak biasanya diawali dari cara orang tua maupun keluarga dengan memperlihatkan video atau game yang ada di gadget dengan harapan agar anak berhenti menangis dan tidak rewel. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: Gambaran status ekonomi orang tua, pola asuh orang tua, durasi penggunaan gadget dan perkembangan sosial anak usia dini. Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif. Jumlah sample sebanyak 158 orang tua. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pertama, terdapat hubungan langsung: status ekonomi dengan perkembangan sosial anak. Kedua, pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak. Ketiga, durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak. Keempat, status ekonomi dengan durasi penggunaan gadget. Kelima, pola asuh orang tua dengan durasi penggunaan gadget. Keenam, status ekonomi melalui durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak. Ketujuh, status ekonomi melalui durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak. Disimpulkan terdapat hubungan status ekonomi, pola asuh orang tua, melalui durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia dini.
Referensi
Aningsih, A. V., & Soejoto, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Literasi Ekonomi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(12). https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p11-18. DOI: https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p11-18
Annisa, Marlina, S., & Zulminiatu. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1). https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/m3wqu
Anwar, Z. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Alang-Alang Ampenan Mataram. Jurnal Transformasi, 68. https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1324. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10516
Apriyanti, H. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Education. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(1). https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137
Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan, 112. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601
Dewi, A., Mayasarokh, M., & Gustian, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Fitrianis, E., & Yaswinda. (2020). Hubungan Durasi Waktu Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Paud, 216. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.971. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.971
Garzia, M., Yufiarti, & Hartati, S. (2019). Perbedaan Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Daerah Pesisir ditinjau dari Status Ekonomo Orang Tua dan Parenting. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.239. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.239
Heni, & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341330. DOI: https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341
Hidayatul M, F. A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Singosari. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 5(1), 40. https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7330. DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v5i1.7330
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Huliana, R., Ujianti, P. R., & Handayani, D. A. P. (2022). Instrumen Penilaian Kemampuan Bersosialisasi Anak Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 344–351. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49301. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49301
Irawan, R., Metti, V., & Rifqia, P. D. (2019). Hubungan Pola Asuh Inu Bekerja Degan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Helath Science Journal, 3(4). https://doi.org/10.24269/hsj.v3i2.263. DOI: https://doi.org/10.24269/hsj.v3i2.263
Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Financial Education Pada Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 137–154. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313. DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Prakter Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(c), 75–86. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Latifah, A., Sari, M. E., & Anggereni, D. T. (2022). Pembentukan Karakter Anak pada Perkembangan Sosial Emosional dengan Menanamkan Keberanian, Kejujuran dan Kepedulian di PAUD Cerdas Desa S.Kertosari. Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 88–96. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.496.
Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad Nasaruddin, D. (2022). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201
Mastoah, I., & Zulaela. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 121–128. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3663. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746
Munajat, A. (2022). Pola Asuh Ayah Terhadap Prilaku Prososial Anak. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 7(1). https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5930. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5930
Munawar, M., & Zuhri, P. R. A. (2018). The Influence of Gadgets on Early Childhood Social Development in Hidayatullah Islamic Kindergarten School Semarang (Quantitative Research of Causal Relationship in Group A aged 4-5 years old Hidayatullah Islamic Kindergarten School Semarang) Muniroh. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 125–129. https://doi.org/10.15294/ijeces.v7i2.28586.
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122. DOI: https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun: tinjauan pada aspek kesadaran diri anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696.
Nisa, Aisya Rodhwa, Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.40
Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520
Prasetyo, T. S., Damayanti, F. M., & V. (2022). Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak: Studi Kasus Pada Siswa Sdn 2 Tangkil Kabupaten Sukabumi. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 208–216. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1415. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1415
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75. DOI: https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan media gadget dalam aktivitas belajar dan pengaruhnya terhadap perilaku anak. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113. https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1910. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1910
Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 5(2), 722–731. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731
Sadruddin Bahadur Qutoshi, F. D. K. (2020). The Impact of Technological Gadgets on the Socialization of Children at Early Childhood Developmental Stage. Journal of Development and Social Sciences, 1(III), 55–66. https://doi.org/10.47205/jdss.2020(1-iii)6. DOI: https://doi.org/10.47205/jdss.2020(1-III)6
Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Serlan, M. A. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Kota Lama Kota Kupang. Haumeni Journal of Education, 2. https://doi.org/10.35508/haumeni.v1i1.4372. DOI: https://doi.org/10.35508/haumeni.v1i1.4372
Soerjono Soekanto. 2001. Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: Rajawali Press..
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: KencanaPrenamedia Group.
Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119
Ulil, M. I. Al, Amri, R. S., & Bahtiar, D. E. P. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar Pada Situasi Pandemi Covid-19’. Jurnal Pendidikan Dasar, 20(2). https://doi.org//10.30742/tpd.v2i2.933.
Umri, M. U., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 14–23. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179.
Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1), 47–53. https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900. DOI: https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900
Yana, M. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus Di Tk Elekrina Kertapati Palembang). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840
Yuliana Asnita, Evawany Yunita Aritonang, & Zulhaida Lubis. (2020). The Effect of Sedentary Lifestyle on the Incidence of Obesity on Adolescents in SMUN 7 Banda Aceh. Britain International of Exact Sciences (BIoEx) Journal, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33258/bioex.v2i1.118. DOI: https://doi.org/10.33258/bioex.v2i1.118
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Milla Ignatesia Ginting

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)