PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BERBAHASA JEPANG SISWA KELAS X-3 SMA LAB. UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • A.A.A.Ngr. BELA SANGGRAHA RATU .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4214

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan bahasa Jepang pada siswa kelas X-3 SMA Lab. Undiksha Singaraja melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dan (2) untuk mengetahui respons siswa kelas X-3 SMA Lab. Undiksha Singaraja dalam menulis karangan bahasa Jepang dengan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Lab. Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 24 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi terlibat, (2) tes, dan (3) kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes menulis karangan dalam penerapan metode inkuiri menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata - rata nilai kelas dalam tes menulis dari hasil pre-test 54,5 menjadi 75 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Jepang, dan (2) siswa merasakan manfaat dari penggunaan model pembelajaran ini dalam pembelajaran menulis karangan yaitu dalam hal (1) meningkatkan hasil belajar, (2) kemampuan menulis karangan menjadi lebih baik.
Kata Kunci : metode inkuiri, kemampuan menulis karangan, karangan berbahasa Jepang

この研究の目的は(1) ガネシャ教育大学 ラボラトリウム高等学校 10年3組の日本語作文の能力向上を知ること。(2) 授業内で質疑応答法を使用した場合の同上学習者の反応を明らかにすることである。この研究は2周期に渡る授業活働調査である。研究対象は、2013年度ガネシャ教育大学 ラボラトリウム高等学校10年3組の24名で ある。データは (1) 授業視察、(2) テスト、(3) アンケートにより収集し、定性的および定量的記述法により分析した。この研究の結果 (1) 予備テストの平均点が54.5点、この学習法を使用した第1周期後の平均点は75点、第2周期後の 平均点は80点であった。このことから日本語作文における質疑応答法は学習者の能力を向上させることがわかった。 (2) 学習者はこの学習法が有効であると感じている。それは(1) 学習の結果が 良くなった、(2) 作文能力が上がったことからいえる。
keyword : 質疑応答法、作文能力、日本語作文

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles