PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI IPB 1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Luh Sinthia Arizona .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi belajar PQ4R dalam pembelajaran bahasa Jepang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dari selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi belajar PQ4R mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa Jepang siswa. Hal ini dapat diketahui dari terjadinya peningkatan persentase ketuntasan belajar pada hasil tes awal sebesar 23% menjadi 80,8% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II, (2) siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan strategi belajar PQ4R.
Kata Kunci : bahasa Jepang, membaca pemahaman, strategi belajar PQ4R

この研究の目的は、(1)PQ4R 「Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review」のストラテジーの使用が学習者の読解能力を向上させるために効果があるか、(2)日本語の授業内でPQ4R「Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review」のストラテジーの使用に対する学習者の反応を知ることである。この研究は2周期に渡る授業実践研究である。研究対象は2014年度サワン国立第一高等学校言語コース11年生1組の26名である。データの収集は、テスト、観察、アンケートおよびインタビューで行った。また、データの分析は定性的および定量的記述法を使用した。この研究の結果、(1)PQ4Rのストラテジーの使用は学習者の読解能力を向上させた。これは 予備テストでは標準を越えた学習者は23%だったの対し、第一周期終了時では 80.8%、第二周期終了時では100%であったことからいえる。(2)PQ4Rのストラテジーの使用に対する学習者の反応はとても良好であった。
keyword : 日本語、読解、PQ4Rのストラテジー

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles