PENGGUNAAN STRATEGI PERMAINAN BAHASA BERTEPUK DENGAN ANGKA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IBB 3 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Kadek Suciani Meliani .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5428

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Jepang melalui penggunaan strategi permainan bahasa bertepuk dengan angka berbantuan media gambar, (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan strategi permainan bahasa bertepuk dengan angka berbantuan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Bahasa Budaya 3 di SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, tes lisan, dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan strategi permainan bahasa bertepuk dengan angka berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang Siswa. Hasil tes lisan penguasan berbicara bahasa Jepang pada pretest nilai rata-rata 66,33, pada siklus I nilai rata-rata siswa 76,90 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,82. Apabila dilihat dari ketuntasan siswa yaitu pada siklus I ketuntasan mencapai 69,70% dan pada siklus II ketuntasan mencapai 100%. (2) Pembelajaran dengan penggunaan strategi permainan bahasa bertepuk dengan angka berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang Siswa mendapatkan respon yang positif. Pada siklus I siswa yang memberikan respons positif dengan rata-rata siswa perkelas diperoleh 21,52, dan pada siklus 2 diperoleh 22,40.
Kata Kunci : Kemampuan berbicara, strategi permainan, permainan bahasa bertepuk dengan angka, media gambar

この研究の目的は、(1)絵カード教材『拍手によって数を表す』学習法を使用した学習者の日本語会話力の向上力を知ること、(2)この学習法を使用した際の学習者の反応を知ることである。この研究の対象者は、2014年度シンガラジャ国立第三高等学校言語文化コース11年生3組の33名である。データは、授業観察、テスト、アンケートにより収集した。分析には定性的および定量的記述法を用いた。研究の結果、(1)絵カード教材『拍手によって数を表す』学習法は、学習者の日本語会話力を向上させた。これは使用する前の予備テストの平均点が66.33点、第一周期終了後のテストの平均点は76.90点、第二周期終了後は86.82点であったこと、基準値から見た場合、第一周期で基準値をこえた学習者は69.70%第二周期では100%であったことからいえる。この学習法に対する学習者の反応は、良好であった。生徒の反応は、第一周期では21.52ポイント、第二周期では22.46ポイントと良好であった。
keyword : 会話能力、ゲーム学習、『拍手によってを表す』学習法, 絵カード

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles