PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI IPA SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5436Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan metode Scramble untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang,(2) untuk mengetahui respons siswa kelas XI IPA SMA Karya Wisata Singaraja terhadap penggunaan metode Scramble dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA SMA Karya Wisata tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, dan(3) angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) berdasarkan hasil tes pada Siklus I, skor tertinggi yang diperoleh adalah 93 dan terendah 67 dari skala 100 dengan rata-rata 81,67. Berdasarkan hasil tes pada siklus II, skor tertinggi adalah 100 dan terendah 80 dengan rata-rata 90. (2) Respons siswa terhadap penerapan metode Scramble pada siklus I tergolong positif dengan rata-rata skor 41,87. Sedangkan respons siswa setelah diterapkannya metode Scramble pada siklus II tergolong sangat positif dengan rata-rata skor 46,62. Berdasarkan hasil angket respons siswa terhadap metode Scramble yaitu, siswa merasa senang terhadap penggunaan metode Scramble dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang.Kata Kunci : Scramble, penguasaan kosakata, bahasa Jepang
この 研究の 目的は (1) 日本語語彙力を向上させる ためにScramble 学習法で運用した 場合の影響、(2)同上学習者がScramble学習法を授業内で使用した場合の反応を知ることである。この研究の対象は2014年度シンガラジャ カリヤ・ウィサタ 高等学校11年生理科組の 8名で ある。データ収集は(1)視察(2)テスト(3)アンケート行った。また、データの分析は定性的および定量的記述法を使用した。調査の結果は(1)一周期終了時のテストの最高点は93点最低点は67点、平均点は81,67点であった。二周期終了時のテストの最高点は100点、最低点は80点、平均点は90点であった。(2) Scrambleの 使用に対する 学習者の反応は良好であった。第一周期では学習者の反応の平均点は41,87で、 良好であった。第二周期では学習者の反応の平均点は46,62点で、良好であった。アンケートの結果同校学習者のScramble 使用に対す 反応は楽しく学習でき、日本語語彙力を増やす助けとなったというものだった。
keyword : Scramble、語彙力、日本語
Published
2015-07-25
Issue
Section
Articles