PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN VIDYA USADHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • I Made Dody Mahendra .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i1.6660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan penguasaan huruf hiragana siswa, dan (2) mengetahui respons siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) tes, dan (2) angket/kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dalam tes penguasaan huruf hiragana siswa. Dari hasil pre-test nilai rata-rata 20,8 dengan ketuntasan 0% menjadi nilai rata-rata 68,26 dengan ketuntasan 32% pada siklus 1 dan nilai rata-rata 78,24 dengan ketuntasan 92% pada siklus 2, (2) respons siswa secara keseluruhan berada pada kriteria positif, dimana perolehan skor rata-rata respons siswa pada siklus I adalah 40,2 dan pada siklus II adalah 45,44. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan huruf hiragana siswa.
Kata Kunci : jigsaw, penguasaan huruf hiragana, pembelajaran kooperatif

要旨 この研究の目的は、(1)学習者のひらがな理解能力を高めるために使用するジグソーによるグループ学習法の運用、(2)この学習法を使用した後の学習者の反応を明らかにすることである。この研究調査は、2周期に渡る教室活動調査である。調査の対象は、2015年度シンガラジャウィディアウサダ医療高等専門学校10年生の25名である。データは、(1) テスト、(2) アンケート・質問用紙によって収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。この分析の結果、(1) テストによる平均点と標準を越えた割合は、予備テストで20.8点 0パーセント、第1周期終了時は68.26点 32パーセント、第2周期終了時は78.62点  92パーセントに上昇した。(2) 学習者の反応は、全体を通し大変良好であった。これは、効果があると答えた学習者の平均が、第1周期終了時は40.2ポイント、第2周期終了時は45.44ポイントであったことからいえる。この調査の結果、ジグソーによるグループ学習法は、学習者のひらがな理解能力を高めるために効果があるといえる。
keyword : キーワード:ジグソー、ひらがな理解、グループ学習

Published

2016-03-03

Issue

Section

Articles