PENGGUNAAN TEKNIK WORDSEARCH GAME DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA NOMINA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA SARASWATI SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • I D A Ade Upaningsih .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan kosakata nomina bahasa Jepang siswa kelas XI Bahasa SMA Saraswati Singaraja tahun ajaran 2015/2016 melalui penggunaan teknik Wordsearch Game, (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan teknik Wordsearch Game dalam meningkatkan penguasaan kosakata nomina bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Saraswati Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan teknik Wordsearch Game dapat meningkatkan penguasaan kosakata nomina bahasa Jepang siswa. Pada hasil Pre-Test menunjukkan kondisi awal siswa dengan persentase ketuntasan 10,5%. Sedangkan pada siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 57,8%. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 94,7%. (2) Respons siswa terhadap penggunaan teknik Wordsearch Game tergolong positif. Pada siklus I, respons siswa adalah 27,42, dan tergolong positif. Pada siklus II, respons siswa adalah 31,9, dan tergolong sangat positif.
Kata Kunci : teknik pembelajaran, Wordsearch Game, pengusaan kosakata, nomina bahasa Jepang

この研究の目的は、(1)ワードサーチゲーム方法の使用が学習者の日本語の名詞の知識を向上させるために効果があるか、(2)この学習法に対する学習者の反応を明らかにすることである。この研究は2周期に渡る教室活動調査である。研究対象は2015年度シンガラジャサラズワテイ高等学校11年の19名である。データの収集は、観察、テストおよびアンケートで行った。また、データの分析は定性的および定量的記述法を使用した。この研究の結果は、(1)ワードサーチゲーム法の使用は学習者の日本語の名詞の知識を向上させた。これは 予備テストで標準を越えた学習者は10,5%だったに対し、第一周期終了時では57,8%。第二周期終了時では94,7%,に上がったことからいえる、(2)ワードサーチゲーム法の使用に対する学習者の反応は良好であった。第一周期では学習者の反応の平均は27,42で、良好であった。第二周期では学習者の反応の平均は31,9で、とても良好で あった。
keyword : 学習法、ワードサーチゲーム、日本語の名詞能力

Published

2016-07-28

Issue

Section

Articles