Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Bagi Pemula
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.12387Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli untuk penguasaan kosakata bahasa Jepang bagi pemula. Penelitian ini merupakan penelitian Researh and Development. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode dari Hannafin and Peck. Hasil dari penelitian bahwa, (1) didalam media pembelajaran permainan monopoli terdapat 1 buah papan monopoli, 2 buah dadu, 8 buah bidak, 25 lembar kartu bantuan dan kesempatan, 26 lembar kartu kota dan prefekekturdan tempat perbelanjaan, dan uang monopoli dengan nominal 1, 5, dan 10 Yen 35 lembar, 50 dan 100 Yen 40 lembar, 500 Yen 35 lembar dan 1000 dan 2000 Yen 25 lembar. (2) Berdasarkan hasil uji ahli desain dan konten, kosakata-kosakata yang ada pada permainan monopoli sudah sesuai untuk pebelajar pemula, aturan permainan dibuat jelas dan tampilan permainan monopoli dibuat menarik sehingga menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi pebelajar pemula dan pembelajaran kosakata bahasa Jepang menjadi efektif karena melibatkan keaktifan semua siswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Kosakata Bahasa Jepang
日本語初級学習者の語彙力向上のためのゲーム教材「モノポリ」の作成 要旨 本研究は、日本語初級学習者のための語彙力を向上させるためゲームが学習教材「モノポリ」を作成することを目的としたものである。これは、調査作成研究である。データは、観察、アンケート、インタビューにより収集し、定性的記述法により分析した。作成においては、ハナフィン&ペック理論を参考にした。この結果、1)ゲーム教材は、ゲーム板1枚、さいころ2個、駒8つ、援助チャンスカード25枚、県町カード26枚、1・5・10円カード35枚、50・100円カード40枚、500円カード35枚、1000・2000円カード25枚から成る。2)デザイン及び内容に関する専門家の意見は、作成したゲームは学習者に興味を持たせ、楽しく学習させることができ、ルールも分かりやす、また、学習者の語彙力向上のため大変効果があるというものであった。
keyword : 学習教材、ゲーム「モノポリ」、日本語語彙