TANTANGAN YANG DIHADAPI KAWACHI DAIKICHI DALAM PERANNYA SEBAGAI SEORANG IKUMEN PADA FILM USAGI DROP LIVE ACTION
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i3.13605Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tantangan yang dihadapi Kawachi Daikichi dalam perannya sebagai seorang ikumen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Usagi Drop Live Action yang dirilis pada tahun 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana peneliti adalah instrumen utama dan dibantu oleh kartu data. Dalam penelitian ini digunakan konsep tantangan, gender, ikumen serta bentuk-bentuk peran ayah dalam pengasuhan anak dan pekerjaan rumah tangga untuk menganalisis tantangan yang dihadapi Daikichi dalam perannya sebagai seorang ikumen. Hasil dari penelitian ditemukan 12 data mengenai tantangan yang dihadapi Daikichi dalam perannya sebagai seorang ikumen. Tantangan dari lingkungan masyarakat berjumlah 2 data, tantangan dari lingkungan keluarga berjumlah 2 data, tantangan dari tempat kerja berjumlah 4 data, tantangan dari diri sendiri berjumlah 3 data dan tantangan dari regulasi aturan pemerintah di Jepang berjumlah 1 data. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa fenomena ikumen yang sedang terjadi di Jepang tidak semudah yang dibayangkan oleh masyarakat karena dalam kenyataannya masih terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang ikumen. Meskipun pemerintah telah melakukan bermacam-macam kebijakan untuk menunjang perkembangan fenomena ikumen. Tetapi dalam penerapannya di masyarakat, kebijakan-kebijakan tersebut tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya penelitian mengenai tantangan yang dihadapi seorang ikumen dalam film Usagi Drop Live Action diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca, pebelajar bahasa Jepang dan dapat dijadikan sumber referensi penelitian sejenis yang meneliti fenomena ikumen di Jepang dari segi yang berbeda serta lebih rinci dan mengkhusus.Kata Kunci : ikumen, pengasuhan, gender, film Usagi Drop Live Action.
本論の目的はイクメンの役割を果たすための吉河地大吉の役の問題点を明らかすることである。対象は2011年に上映したウサギドロップの映画である。研究者がデータカードを作成し、それをもとにした定性的記述による研究である。分析としては訂正分析を基にしてジェンダー論、イクメンの概念、家庭における男性の託児法を使用すること。結果はウサギドロップにおいて12点のイクメンの問題点があり、社会的における問題点は2点、自らの家庭における問題は2点、職場における問題は4点、自分の側面なのは3点、政府政策の問題点は1点で明らかになった。本結果はイクメンの存在に対して日本社会には大きい問題点があるのが見られる。日本政府はイクメンの社会化政策をしたけれども、人々の問題点で、その政策を受け入れないとウサギドロップの中から明らかになった。
keyword : イクメン、託児、ジェンダー、ウサギドロップ