PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF KATAKANA SISWA KELAS XI IPB SMAN 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i2.14455Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf katakana setelah diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori berbantuan metode resitasi pada siswa kelas XI IPB SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2017/2018 dan (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran ekspositori berbantuan metode resitasi untuk meningkatkan penguasaan huruf katakana siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB SMA Negeri 1 Sukasada sebanyak 22 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan strategi pembelajaran ekspositori berbantuan metode resitasi mampu meningkatkan penguasaan huruf katakana siswa kelas XI IPB SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal dan rata yaitu, pada pretest rata-rata yang diperoleh 43,4 untuk ketuntasan klasikal yaitu 22,72%. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 73,6 dan ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 68,1%. Peningkatan yang drastis juga terjadi pada siklus II dengan rata-rata 92,3 dan ketuntasan klasikal sebesar 100%. (2) Respons siswa tergolong positif, hal tersebut dilihat dari rata-rata respons siswa pada siklus I yaitu 30, sedangkan pada siklus II respons siswa diperoleh dengan rata-rata 34,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan strategi pembelajaran ekspositori berbantuan metode resitasi dapat meningkatkan penguasaan huruf katakana siswa dengan respons yang positif.Kata Kunci : strategi pembelajaran ekspositori, metode resitasi, huruf katakana
要旨 本研究の目的は、2017 /2018 年度スカサダ第一国立高校言語クラスの二年生において、1)直接法と課題提出学習法の利用後のカタカナの習得力 2)利用された直接法と課題提出学習法に対する学習者の反応を明らかにする。 研究は、2つのサイクルで行われる授業行動研究である。調査協力者は、2017 /2018 年度スカサダ第一国立高校言語クラスの二年生、22名である。調査対象は、観察、インタビュー、アンケート、テストより収集したデータである。データを定性的記述法と記述的な定量的により分析した。分析した結果、2017 /2018 年度スカサダ第一国立高校言語クラスの二年生において、1) 利用された直接法の課題提出学習法により、カタカナの習得力を高められたことは、22.72%の修学率に対し、43.4の平均プレテストが得られたことによって示された。サイクル1では、平均プレテストが73.6であり、達成された修学率が68.1%であった。また、サイクルIIで、平均プレテストが92.3、修学率は100%の大幅な増加が見られた。2)学習者の反応において、サイクルIでの平均が30であり、サイクルIIでの平均が34.3であったことから、カタカナの習得力を高めるのに利用された直接法の課題提出学習法に対する学習者の反応が良いということが分かった。
keyword : 直接法、課題提出学習法、カタカナ