PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNDIKSHA TERHADAP KEBIJAKAN JURUSAN WAJIB LULUS TES KEMAMPUAN BAHASA JEPANG SETARA N3 SEBAGAI PRASYARAT MENGIKUTI UJIAN SKRIPSI

Penulis

  • Ketut Surasiawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.15005

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Undiksha terhadap kebijakan jurusan wajib lulus tes kemampuan bahasa Jepang setara N3 sebagai prasyarat untuk mengikuti ujian skripsi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang yang berjumlah 146 orang dari semester 2, semester 4, semester 6, dan semester 8. Data dari metode kuesioner dan wawancara diolah ke dalam bentuk diagram piechart/diagram lingkaran dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini yakni sebagian besar mahasiswa dengan persentase 60% memberikan respons positif terhadap penetapan kebijakan jurusan. Hal ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang menganggap perlu ditetapkannya kebijakan jurusan yang mewajibkan mahasiswa lulus tes kemampuan bahasa Jepang setara N3 yang dipergunakan sebagai prasyarat untuk mengikuti ujian skripsi.
Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, Kebijakan jurusan, Tes kemampuan, Ujian skripsi

本研究の目的は、ガネシャ教育大学の日本語教育学科の学生により、論業論文の審査条件としての日本語能力試験3級同等のレべるを合格方針についての見解がどのようなことかを明らかことである。この研究の対象は日本語教育学科の学生、146名である。データはアンケート及びインタビューによって収集した。定性的記述法により分析した。結果は、ガネシャ教育大学の日本語教育学科の学生により、論業論文の審査条件としての日本語能力試験3級同等のレべるを合格方針についての見解は、良かった。さらに、日本語教育学科の学生により、論業論文の審査条件としての日本語能力試験3級同等のレべるを合格方針は、日本語教育学科にて、実施することが必要だということが分かった。
keyword : 学生見解、合格方針、能力試験、論文の審査

Diterbitkan

2018-07-25

Terbitan

Bagian

Articles