PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG OLEH GURU NON KEPENDIDIKAN DAN NON BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BANJAR

Penulis

  • I Komang Dika Ariasta Ganesha University of Education
  • Gede Satya Hermawan Ganesha University of Education
  • I Wayan Sadyana Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23672

Kata Kunci:

problematika, pembelajaran, bahasa Jepang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran bahasa Jepang pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Jepang oleh guru non kependidikan dan non bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang mengalami problematika pembelajaran (1) pada tahap perencanaan pembelajaran yaitu menentukan metode pembelajaran dan menjelaskan materi, (2) pada tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu memanajemen waktu dan melakukan kegiatan proses pembelajaran. dan (3) pada tahap evaluasi pembelajaran yaitu melakukan penilaian proses dan melakukan penilaian sikap.
Kata Kunci : Problematika, pembelajaran, bahasa Jepang

本研究の目的は、日本語教育専門でない教師による 計画、実施、評価で 本語学習の問題を 明らかにすることである。調査協力者は バンジャル第一国立高校の日本語教師である。調査方法は、観察、インタビュー及び文献調査である。収集したデータは定性的記述法により分析した。結果は 日本語の教師による日本語学習の問題 は (1)授業計画は 学習方法と教材の説明 (2) 授業実施は 時間管理と学習プロセス活動、(3) 評価はプロセス評価と態度評価 を明らかにすることである。
keyword : 問題、学習、日本語

Diterbitkan

2020-06-18

Terbitan

Bagian

Articles