PROFIL JAPANESE CLUB SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SMK NUSA DUA TOYA ANYAR KUBU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23745Kata Kunci:
pembelajaran, profil, ekstrakurikulerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendseskripsikan (1) pembelajaran ekstrakurikuler Japanese Club, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club dan (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran ekstrakurikuler Japanese Club di SMK Nusa Dua Toya Anyar Kubu. Subjek penelitian ini yaitu guru pembina ekstrakurikuler Japanese Club di SMK Nusa Dua Toya Anyar Kubu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pembelajaran ekstrakurikuler Japanese Club di SMK Nusa Dua Toya Anyar memuat pemilihan konten materi yang masih berhubungan dengan materi yang pernah diajarkan sebelumnya pada mata pelajaran bahasa Jepang, dan bahan ajar dirancang secara mandiri oleh guru atau diperoleh dari berbagai sumber, penggunaan metode pembelajaran seperti Grammar Translation Method, penggunaan strategi pembelajaran seperti ceramah, pemberian tugas, information gap, drill, dan role play, serta penggunaan media pembelajaran. (2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang antara lain sarana dan prasarana, alokasi waktu, penguasaan materi oleh siswa, kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan motivasi siswa, serta (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pembelajaran dengan cara pembangunan ruangan praktik oleh sekolah, melakukan penugasan, mengatur siswa antar jurusan untuk duduk berpasangan, memberikan teguran bagi siswa yang tidak disiplin, dan memotivasi siswa tentang pentingnya belajar bahasa asing.Kata Kunci : pembelajaran, profil, ekstrakurikuler
本研究は、(1)私立トヤ・アニャル・クブ職業高校において実施される「日本語クラブ」課外授業の実態報告、(2)同授業における当校教師の様々な問題点、(3)その問題点に対する解決法を明らかにしたものである。対象は、同校「日本語クラブ」課外授業を担当する教師である。データは、観察、インタビュー、撮影により収集した。結果、(1)私立トヤ・アニャル・クブ職業高校「日本語クラブ」課外授業において、学習内容は使用する日本語の教科書以外から選択し、その際身体反応教授法及び文法翻訳教授法が使用される。また、学習法として解説、課題、インフォメーションギャップ、ドリル、ロールプレイが使用され、会話練習が実施される。教材は、数字カード、スピーカー、液晶プロジェクターが使用される。(2)課外授業における問題点として、施設とインフラ、学習時間、学生の指導内容の理解能力、教室の管理、学生の動機が挙げられる。(3)問題点の解決方法として、練習室の建設、課題提出、学生が専攻の間にペアで座席、聴解困難な場合の読み取り、外国語を学ぶことの重要性を刺激する。
keyword : 課外授業、学習