REPRESENTASI SPORTIVITAS DALAM IKLAN NISSIN CUP NOODLES

Penulis

  • Ni Luh Putu Trisha Rikasanti Ganesha University of Education
  • Joelham Yushario Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Ayu Elvira Purwanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.25790

Kata Kunci:

Iklan, Tokoh anime Prince of Tennis, Representasi sportivitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan makna representasi sportivitas pada iklan Nissin Cup Noodle yang dibuat oleh pihak Nissin dan bekerja sama dengan dua atlet tenis lapangan Nishikori Kei, Osaka Naomi, dan anime Prince of Tennis. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik observasi. Objek penelitian ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan representasi sportivitas pada iklan tersebut. Tanda yang ditemukan peneliti adalah tanda atlet Nishikori dan Osaka sedang berlatih dan tanda atlet Nishikori Kei yang berjabat tangan dengan tokoh anime Prince of Tennis bernama Echizen Ryoma yang di damping oleh atlet Osaka Naomi dan Tezuka Kunimitsu (tokoh dari anime Prince of Tennis).

Referensi

Kamus Besar Bahasa Indonesia.[online]. Tersedia di https://kbbi.web.id/representasi.html. Diakses 23 Mei 2020

Kamus Besar Bahasa Indonesia.[online]. Tersedia di https://kbbi.web.id/sportivitas.html. Diakses 23 Mei 2020

Muchta, Amrie. 2019. 9 Definisi Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli. Auto Expose. diakses pada 21 Juni 2020 < https://www.autoexpose.org/2019/06/definisi-metode-penelitian-kualitatif.html>

Nuryanti, 2016, Peranan Nilai Sportifitas Pendidikan Jasmani Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, Prosiding Seminar Nasional, Volume 02, Nomor 1, diakses pada tanggal 21 Juni 2020

Diterbitkan

2020-07-26

Terbitan

Bagian

Articles