Pengembangan Bahan Ajar Berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD Tahap Lanjutan) Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali

Penulis

  • Ni Ketut Karmili UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26574

Kata Kunci:

LKPD bahasa Jepang, kurikulum 2013 revisi, penelitian pengembangan R&D

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD tahap lanjutan) bahasa Jepang yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi untuk sekolah dasar di Bali. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D dari Thiagarajan, namun pada tahap keempat tidak dilaksanakan agar dapat dilanjutkan nanti. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jepang. Data didapat melalui kuesioner dan wawancara. Data yang didapat dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) LKPD yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013 revisi, 2) berdasarkan uji ahli materi LKPD yang dikembangkan dinilai sangat sesuai, 3) dan respon guru menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat sesuai.

Referensi

Burhaein, Erick. 2017. “Aktifitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD” Indonesian Journal of Primary Education, Volume 1(1), Juni, pp. 51-58.

Iis, Totok. 2017. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server”. Jurnal Elinvo (Electronics, and Vocational Education). Vol.2, nomor 2, (Diakses pada 31 Januari 2020)

Komara, Endang. (2017). “Curriculum and Civic Education Teaching in Indonesia” in EDUCARE: International Journal for Educational Studies, Volume 10(1), August, pp.23-32. ISSN 1979-7877.

Mardani, dkk. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali”

Mardani, D.M.S., Sadyana, I.W., & Adnyani, L.D.S. 2020. Learning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary Schools in Bali. Proceedings of the 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 246-251. http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200115.040

Maryani, Sobarna. Dkk. 2011. Kamus Bahasa Indonesia. Cetakan Pertama Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Mulyasa. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Cetakan Pertama Jakarta: Bumi Aksara

Nurliawaty, dkk. 2017. “Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya” di Jurnal Pendidikan Indonesia: Universitas Pendidikan Ganesha, volume 6(1). P-ISSN 2303-288X

Surna, dan Pandeirot. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga

Zahary 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Sosial Siswa”. Tersedia pada http://digilib.unila.ac.id/28927/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf (Diakses pada 31 Juli 2019)

Diterbitkan

2020-07-26

Terbitan

Bagian

Articles