PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TAHAP AWAL PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SEKOLAH DASAR DI BALI

Penulis

  • Ni Nengah Sukni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26577

Kata Kunci:

RPP, Kurikulum 2013 Revisi, SD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tahap awal bahasa Jepang berbasis standar proses Kurikulum 2013 Revisi yang sesuai untuk SD di Bali. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi agar sesuai dengan pengembangan RPP. Model pengembangan four-D dalam penelitian hanya dilakukan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Sedangkan tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengajar bahasa Jepang di SD. Data dikumpulkan menggunakan angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) RPP ini terdiri dari bab 1 sampai bab 15 (2) dalam RPP memuat keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity), HOTS (Higher Order Thinking Skills), PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), dan literasi, (3) kegiatan dalam RPP memuat banyak permainan, (4) berdasarkan uji ahli dan uji coba menunjukkan hasil sangat layak.

Referensi

Ahmad, Djuwairiah. 2015. Developing English Lesson Plans For The First Year Student of SMA 18 Makassar Based on the 2013 Curriculum. Eternal. Volume 1, nomor 2 (hlm187-200).

Arikunto, Suharsimi, dan Safrudidin, A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Japan Foundation. 2017. “Survey report on Japanese language education abroad 2015”. Tersedia pada www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey15.html. Diakses pada 2 Juni 2019.

Mardani, DMS. 2018. Profil Pembelajaran Bahasa Jepang pada Jenjang Sekolah Dasar di Bali. Laporan penelitian tidak diterbitkan.

Mardani,D.M.S.,Sadyana,I.W.,& Adnyani, L.D.S. 2020. Laerning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary School in Bali. Proceedings of the 3rd Internasional Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD,2019), 246-251.

Mulyasa, E. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta:Bumi Aksara.

Thiagarajan, S.,Semmel, D., Semmel, M. 1974. “Instructional Development For Training Teacher of Exceptional Children” Tersedia pada http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf Diakses pada 06 Agustus 2019

Diterbitkan

2020-07-26

Terbitan

Bagian

Articles