PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BAHASA JEPANG BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SEKOLAH DASAR DI BALI

Penulis

  • Ni Kadek Ayu Adrianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26733

Kata Kunci:

Pengembangan media, video, adobe flash, kurikulum 2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video berbasis adobe flash yang sesuai dengan kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar di Bali. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model four-D (4D), namun pegembangan media dilakukan sampai pada tahap Develop (pengembangan) karena ingin memfokuskan pada pengembangan media. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode  wawancara dan kuesioner berupa angket uji ahli (uji ahli isi, uji ahli media dan uji coba produk) untuk membantu proses pengembangan serta perbaikan produk. Berdasarkan hasil angket uji ahli isi yaitu 93,75 dan ahli media yaitu 91,7 yang keduanya termasuk dalam kategori sangat sesuai. Pada hasil angket uji coba terbatas dari guru yaitu 82,7 dan dari peserta didik 86,56 yang keduanya termasuk dalam kategori sangat sesuai. Dengan demikian berdasarkan anlisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video untuk peserta didik sekolah dasar di Bali dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Dewi, N.M.Y., dkk. 2017. “Pengembangan Flash Berbasis Mobile Sebagai Media Latihan Nouryoku Shiken N4 Untuk Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNDIKSHA”. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, Volume 3, No 3.

Kirna,I.M. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Mardani, D.M.S., Sadyana, I.W., &Adnyani, L.D.S. 2020. Learning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary Schools in Bali.Proceedings of the 3rdInternational Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 246-251.https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200115.040

Mulyatiningsih, E. 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran”. Tersedia pada: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/draendangmulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf (diunduh tanggal 12 juni 2019)

Setiani, Rina. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash Cs5 Untuk Kelas XI SMA”. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada : https://eprints.uny.ac.id/16838/1/Rina%20Setiani/%2010201244033.pdf. (diunduh pada tanggal 2 Oktober 2019)

Wardoyo dan Ma’arif. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Puworejo”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan .

Widayat, W. 2018. “Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Fitur Kelas Maya Portal Rumah Belajar”. Tersedia pada : http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/implementasi-pengembangan-kecakapan-abad-21-melalui-fitur-kelas-maya-portal-rumah-belajar/ (diakses tanggal 5 Agustus 2019)

Diterbitkan

2020-07-26

Terbitan

Bagian

Articles