PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG DI KELAS XII SMK SARASWATI 3 DENPASAR

Penulis

  • Ni Luh Gede Meilantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i1.31100

Abstrak

Bahasa Jepang merupakan bahasa asing yang muncul di dalam kurikulum pendidikan di kelas XII SMK Saraswati 3 Denpasar. Sebagai mata pelajaran bahasa, pelajaran Bahasa Jepang menekankan pada empat keterampilan berbahasa, yaitu membaca, menulis, berbicara dan mendengar. Tetapi karena hanya muncul di kelas XII, maka pembelajaran bahasa Jepang di SMK Saraswati 3 Denpasar, ditekankan pada kemampuan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah mampu berbicara dengan bahasa Jepang sederhana (level A1).

Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMK Saraswati 3 Denpasar adalah melalui model flipped classroom. Model flipped classroom adalah model pembelajaran yang menggabungkan ide tradisional tentang pengajaran dan aktivitas di dalam kelas. Dalam model ini, siswa diberikan tugas untuk menonton video pengajaran yang diberikan guru di rumah, kemudian didiskusikan dan dipraktekan ketika berada di kelas. Model pembelajaran ini dipilih karena selama pandemi Covid-19 merebak sejak awal tahun 2020, pembelajaran dilakukan melalui daring (dalam jaringan) yaitu menggunakan google classroom. Penulis melihat kejenuhan siswa dalam belajar daring dan berinisiatif untuk melakukan pembelajaran melalui model flipped classroom. Penulis percaya, dengan mempercayakan siswa mencari sendiri dan mempersiapkan diri di rumah, diharapkan di kelas, siswa lebih aktif berdiskusi dan berkomunikasi dengan teman sejawatnya maupun dengan guru sehingga capaian pembelajaran bisa lebih cepat tercapai. 

Kata kunci : flipped classroom, pembelajaran bahasa

Biografi Penulis

Ni Luh Gede Meilantari, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Fakultas Bahasa Asing Program Studi Sastra Jepang

Diterbitkan

2021-02-24

Terbitan

Bagian

Articles