Profil Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Pelajaran bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI bahasa di SMA N 2 Banjar

Penulis

  • Ni Made Sida Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i1.31878

Kata Kunci:

Profil, Berbasis Daring, Kendala 概要、オンライン、障害

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu agar mengetahui (1) pemaparan pembelajaran secara daring dalam pelajaran bahasa Jepang pada siswa kelas XI bahasa di SMA N 2 Banjar, dan (2) mengetahui kendala yang ditemukan selama pembelajaran berbasis daring. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru melakukan pembelajaran berbasis daring dengan baik, dilihat dari kesiapan sebelum mengajar guru mempersiapkan segala sesuatu untuk memperlancar pembelajaran. (2)  Kendala yang dihadapi guru dalam mengajar bahasa Jepang berbasis daring yaitu: Sinyal internet tidak stabil, kehadiran siswa tidak 100%, kuota internet terbatas, pembelajaran daring kurang efektif, siswa tidak mempunyai ponsel, dan tugas rumah semakin banyak.

 

Kata kunci: Profil, Berbasis daring, Kendala

 

本研究の目的は 1) バンジャル第二国立高校の言語学科の三年生におけるオンラインに基づく日本語の授業、2)オンラインに基づく授業中に直面する障害 を 明らかにすること。データ収集は観察、面接、文献調査 を使用し定性的記述法によって分析した。結果は 1)教師はオンラインの授業を非常にうまくできた。それは 先生の教える前の準備から知られている、2)障害は インターネット信号が不安定、学生の出席率が100%でない、インターネットの割り当てが制限されている、授業が効果的でない、学生が携帯電話を持っていない、宿題が増えていることである。

 

キーワード    :概要、オンライン、障害

 

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asano, Yuriko. 1981. Goi. Tokyo: The Japan Foundation.

Dimyati & Mudjiono, 2013, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hardjono, Sartinah. 1988. Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra.Jakarta:Dirjen Dikti PPLLPK Depdikbud.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Aducation and Literature. Vol. 3, No. 1, Desember 2017.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadia, 2020, Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Pada Era Covid-19, Jurnal Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Nasution, 2008, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Cetakan keduabelas. Jakarta : Bumi Aksara

Nurdyansyah, dan E.F. Fahyuni.2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Phopam, W., J., 1994, Classroom Assessment: What Teacher Need To Know. Allin And Bacon, Boston.

Sudjianto, dan A. Dahidi. 2012. Pengantar Linguistik Bahasa Jepan. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Harianto, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja. Rosdakarya

The Japan Foundation.2009. Buku Pelajaran Bahasa Jepang “Sakura” Skenario Pembelajaran. Jakarta: Dit. Pembinaan SMA, Ditjen. Manajemen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Diterbitkan

2021-02-24

Terbitan

Bagian

Articles