Analisis Kemampuan Bahasa Jepang Melalui Pembelajaran Flipped Class Pada Mata Kuliah Chuukyuu Bunkei Hyougen

Penulis

  • Rosi Novisa Syarani STBA JIA BEKASI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i3.40026

Kata Kunci:

Analisis Kemampuan, Flipped Class, Chuukyuu Bunkei Hyougen

Abstrak

Flipped class adalah model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi lebih dahulu di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa tingkat III dalam mata kuliah chuukyuu bunkei hyougen setelah menggunakan model flipped class, untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami juga apa saja upaya yang dilakukan mahasiswa tingkat III dalam mata kuliah chuukyuu bunkei hyougen setelah menggunakan model flipped class. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif dimana menggunakan instrumen angket dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa kelas pagi 6A dalam mata kuliah chuukyuu bunkei hyougen 72% berada dikategori sangat baik, sedangkan kemampuan mahasiswa kelas malam 6A dalam mata kuliah ini 34,6% mendapat nilai dengan kategori sangat baik. Hasil analisis angket juga menunjukan bahwa kemampuan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti minat, motivasi, konsentrasi belajar, juga penggunaan model flipped class.

Biografi Penulis

Rosi Novisa Syarani, STBA JIA BEKASI

PRODI BAHASA JEPANG

Diterbitkan

2021-11-20

Terbitan

Bagian

Articles