PENGGUNAAN HIRAGANA NO BENKYOU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4188Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui tingkat keefektivan Hiragana no Benkyou dalam membantu penguasaan huruf hiragana pada siswa dan (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran huruf hiragana setelah menggunakan Hiragana no Benkyou. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 10 orang. Metode pengumpulan data adalah metode (1) observasi, (2) tes, (3) kuesioner dan (4) wawancara. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dibantu juga dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data, sebelum menggunakan Hiragana no Benkyou hasil nilai rata-rata pre-test adalah 40,9. Kemudian, setelah menggunakan Hiragana no Benkyou nilai rata-rata post-test adalah 97,5 pada siklus I dan 100 pada siklus II. Dengan demikian, selisih antara nilai pre-test dan post-test adalah 59,1. Sehingga, hipotesis kerja dapat diterima. Oleh karena itu, penggunaan Hiragana no Benkyou terbukti efektif dalam meningkatkan kemampun menulis huruf hiragana. Dari hasil analisis angket menyatakan bahwa hampir seluruh responden berpendapat jika menggunakan Hiragana no Benkyou, dapat membantu meningkatkan penguasaan huruf hiragana dan pembelajaran bahasa Jepang menjadi lebih menarik.Kata Kunci : Hiragana no Benkyou, kemampuan menulis, huruf hiragana
この研究の目的は(1)隔週者のひらがなの知識を増すために使用する『便利な辞書』の使用状況を知ること、(2)『便利な辞書』の使用後の学習者のひらがな学習にあける変化を明らかにすることである。この研究の対象は2013年度シンガラジャ国立弟一高等学校社会科コース十年生10名である。データの収集は(1)授業視察、(2)テスト、(3)アンケト、(4)インタビューにより行いそれを定型的記述法および定量的記述法により分析した。データ分析の結果、『便利な辞書』使用前の予備テストの平均は40,9点使用後一回目のテストは平均は97,5点。二回目のテストは平均100点になった。予備テストと最終テストの平均点の差は59,1点であったことから、仮説が認められる。この結果から『便利な辞書』が学習者のひらがな表記能力の向上に有効であることいえる。またアンケートからほぼ全員の学習者が『便利な辞書』の使用が習得を向上させるために役立ち、興味を持って学習できると答えていた。
keyword : 『ひらがなの勉強』, 書く能力, ひらがな
Diterbitkan
2014-11-03
Terbitan
Bagian
Articles