LITERASI ASESMEN BAHASA CALON GURU BAHASA JEPANG: PERSEPSI DAN PRAKTIKNYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.42530Kata Kunci:
persepsi, praktik, literasi asesmen bahasa, calon guru bahasa JepangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi dan praktik calon guru bahasa Jepang tentang literasi asesmen bahasa. Responden penelitian ini adalah tujuh orang mahasiswa pendidikan bahasa Jepang yang telah menyelesaikan program praktik mengajar di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah responden memiliki persepsi yang baik tentang literasi asesmen bahasa, namun kurang dapat menerapkannya dalam praktik pelaksanaan asesmen bahasa Jepang, khususnya pada tahapan penyusunan tes dan pelaksanaan analisis butir soal. Hal ini menyiratkan bahwa responden sebagai calon guru bahasa Jepang masih perlu meningkatkan literasi asesmen bahasa dan praktiknyaReferensi
R. M. Gagne, L. J. Briggs, and W. W. Wager, Principles of Instructional Design. Flroida: Harcourt Brace, 1992.
Mahdiansyah, M. S. Sembiring, T. Supriyadi, I. Ulumudin, and S. Fujianita, Penilaian Pendidikan Sistem Penilaian Hasil belajar dan kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud, 2017.
Iskandarwassid and D. Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
B. Nurgiyantoro, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2014.
F. Azies and A. C. Alwasilah, Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
H. B. Uno and S. Koni, Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
A. M. Yusuf, Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2015.
T. G. Ratumanan and I. Rosmiati, Prencanaan Pembelajaran. depok: Rajawali Press, 2019.
A. Davies, “Textbook trends in teaching language testing,” Lang. Test., vol. 25, no. 3, pp. 327–347, 2008.
G. Fulcher, “Assessment literacy for the language classroom.,” Lang. Assess. Q., vol. 9, no. 2, pp. 113–132, 2012, [Online]. Available: https://doi.org/10.1080/15434303.2011.642041.
M. Malone, “Training in language assessment,” in Encyclopedia of language and education: Language testing and assessment, E. Shohamy & N. Hornberger, Ed. New York: Springer, 2008, pp. 225–233.
F. Giraldo, “Language Assessment Practices and Beliefs: Implications for Language Assessment Literacy,” How, vol. 26, no. 1, pp. 35–61, 2019, doi: 10.19183/how.26.1.481.
W. Popham, “Assessment literacy for teachers: Faddish or fundamental?,” Theort Into Pract., vol. 48, no. 1, pp. 4–11, 2009, [Online]. Available: https://doi.org/10.1080/00405840802577536.
F. Giraldo, “Language assessment literacy: Implications for language teachers,” Profile Issues Teach. Prof. Dev., vol. 20, no. 1, pp. 179–195, 2018, doi: 10.15446/profile.v20n1.62089.
S. Borg, “Teacher cognition in language teaching: A review of research on what language teachers think, know, believe and do,” Lang. Teach., vol. 36, no. 2, pp. 81–109, 2003.
M. F. Pajares, “Teachers’ Beliefs and Educational Research: Cleaning Up a Messy Construct,” Rev. Educ. Res., vol. 62, no. 3, pp. 307–332, 1992, doi: 10.3102/00346543062003307.
S. Y. Song, “Teachers’ Beliefs About Language Learning and Teaching,” in Routledge Handbooks in Educational Linguistics, M. Bigelow and J. Ennser-Kananen, Eds. New York: Routledge, 2015, pp. 263–275.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
B. Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Harsono, Konsep Dasar Mikro, Meso, dan Makro Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Surayajaya Press, 2008.
M. B. Miles, M. Huberman, A, and J. Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Los Angeles: SAGE, 2014.
I. G. A. Mariyati, “PENERAPAN TEKNIK KOREKSI SESAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 1, no. 5, 2013.
M. Fitrianawati, “Peran analisis butir soal guna meningkatkan kualitas butir soal, kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 2015, vol. 5, no. 3, pp. 282-295. ISBN 978-602-70471-2-9 PERAN, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/9117.