KESULITAN MAHASISWA ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN CHOUKAI CHUJOKYU ZENHAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i1.52345Kata Kunci:
Choukai Chujokyu Zenhan, kesulitan belajar, MenyimakAbstrak
Kesulitan belajar adalah hambatan yang terjadi pada pemelajar saat melaksanakan proses pembelajaran yang harus dicapai. Khususnya dalam mempelajari bahasa jepang yaitu mempelajari mata kuliah Choukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor kesulitan yang dihadapi mahasiswa angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang dalam pembelajaran Choukai Chujokyu Zenhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen di dalam penelitian ini adalah angket. Angket yang digunakan untuk penelitian adalah Google Form. Data yang diperoleh dari uji reliabilitas dioleh menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui kelayakan angket. Responden dalam penelitian ini adalah 42 orang dari mahasiswa angkatan 2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah 52, 4% mahasiswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata yang kurang merupakan salah satu faktor kesulitan dalam belajar Choukai Chujokyu Zenhan.
Referensi
E. Sumanto, “Hubungan filsafat dengan bahasa, “El-AFKAR: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis., vol. 6, no. 1, pp. 19-30, Juni, 2017.
H.D. Pingge, “Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota tambolaka, “Jurnal Prima Edukasia., vol. 4, no. 2, pp. 134-147, Juli, 2016.
R. Yuliardi, “Analisis terhadap kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari aspek psikologi kognitif, ”Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan., vol. 3, no. 1, pp. 23-30 , Mei, 2017.
Omih, “Penerapan metode bercerita dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas v sdn panyingkiran 3 kabupaten sumedang, “Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar., vol. 8, no. 1, pp. 60-69, Februari, 2017.
Choukai, Weblio, 2022. [Online]. Available: www.weblio.jp
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.