PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI MAHASISWA TINGKAT I UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i1.52346Kata Kunci:
Pengaruh, Media, Kanji, Powtoon, UnnesAbstrak
Memahami huruf bahasa Jepang diperlukan suatu media pembelajaran yang tepat guna memudahkan sistem belajar mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah powtoon. Powtoon merupakan suatu website yang membantu pengguna menciptakan presentasi atau video animasi dengan mudah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media powtoon terhadap kemampuan membaca mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang pada mahasiswa angkatan 2021 di Universitas Negeri Semarang. Serta untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa setelah menggunakan media powtoon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Exprimental Design.Hasil analisis diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 96,97 dan 81,19. Berdasarkan hasil analisis angket terhadap penggunaan media powtoon berkisar pada rentang 52,7% - 88,2 sehingga dikatakan penggunaan media powtoon efektif dan efisien.
Referensi
N. D. Kumalasari, Efektivitas media lagu dalam meningkatkan penguasaan Hiragana siswa kelas X SMA Negeri 1 Temanggung. 2011.
Renariah, “Bahasa Jepang dan karakteristiknya,” vol. 1, no. 2, pp. 1–16, 2002.
Sudjianto and A. Dahidi, Pengantar linguistik bahasa jepang. Jakarta: Kesaint Blanc, 2019.
E. Safitri, Tentang aksara Jepang (nihon moji tsuite). 2017.
A. S. Sadirman, R. Rahardjo, A. Haryono, and Harjito, Media pendidikan. Raja Grafindo Persada, 2018.
M. Anwar, “Pengembangan media autoplay berbasis video animasi pada materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya siswa kelas IV SDN Ponggok 1 Blitar,” 2014.
A. Arsyad, Media pengajaran. PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
M. Andriyani, “Problematika guru dalam mengembangkan media pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia di MI NW Nurul Harmain Narmada tahun pelajaran 2020/2021,” no. December, 2021.
C. N. Davidson and D. T. Goldberg, The future of thinking: Learning institutions in a digital age. Cambridge, Massachusetts London, England: The MIT Press, 2010.
K. M. C. D. Putu Rusanti, “Developing learning media based on PowToon application for teaching English for nurses,” vol. 7, no. 2, pp. 270–280, 2021.
I. A. Maersyarah, “Pengembangan media pembelajaran Fisika berbasis Powtoon pada materi Dinamika untuk SMA kelas X,” 2018.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV, 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.