Penerapan Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPB SMA Laboratorium Undiksha Tahun Ajaran 2014/2015

Penulis

  • I Putu Dika Sastra Adi Putra .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5329

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peningkatan kemampuan membaca pemahaman bahasa Jepang siswa setelah penerapan strategi pembelajaran DRTA, 2) respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran DRTA dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang. Rancangan penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPB SMA Laboratorium Undiksha. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahapan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan terdiri dari tahap prabaca, membaca dan pascabaca. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan strategi pembelajaran DRTA dengan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan 78,89 pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,26. 2) Analisis angket menunjukkan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan strategi pembelajaran DRTA yang dibuktian secara klasikal siswa menyatakan sangat setuju 62%, setuju 34% dan cukup setuju 4% dari semua aspek pernyataan.
Kata Kunci : strategi DRTA, kemampuan membaca, membaca pemahaman bahasa Jepang

この研究の目的は 1) DRTAストラテジー使用した際の学習者の日本語読解授業の向上、2) この学習のDRTAストラテジーを 使用した際の学習者の反応を明らかに することで ある。このけいかくの研究は 教室活動調査と 研究の対象は ラボラトリウム・ウンデイクシャ私立高等学校言語コース11年生で ある。この研究は 二周期に渡って、データは観察、テスト、アンケートによって収集し、それを定性的定量的記述法により分析した。学習の列は 読む前、読む、読んだあとを すること。この研究の結果は 1) DRTAストラテジー使用したの学習者の日本語読解授業は向上した。これは 第一周期終了時の 平均点が 78,89 だったのに対し、第二周期終了時は 平均点が 88,26 に 上昇した ことから いえる。2) 学習者アンケートによるとDRTAストラテジーを 使用した 際の反応は 良かった。全部問題は とても賛成62%, 賛成34%, ちょっと賛成4% に 答えました。
keyword : キーワード:DRTAストラテジー、読解能力、日本語読解

Diterbitkan

2015-07-22

Terbitan

Bagian

Articles