ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMAN 6 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i2.55427Kata Kunci:
pembelajaran efektif, pembelajaran daring, pembelajaran luring, hasil belajarAbstrak
Virus COVID-19 adalah virus yang ditemukan di China tahun 2019 di Kota Wuhan. Virus COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Salah satu sekolah yang terdampak oleh Virus COVID-19 adalah SMAN 6 Malang. Dengan adanya pandemi COVID-19, terpaksa dilakukannya pembelajaran daring. Tetapi, dengan pandemi yang sudah reda, pemerintah telah mengizinkan pembelajaran luring. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan luring terhadap hasil belajar kognitif siswa SMAN 6 Malang. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring dan luring termasuk dalam kategori “Efektif” dengan persentase daring 71% dan luring 74%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa kelas 12 BSBU (Bahasa dan Budaya), kelas 12 BSBU memperoleh rata-rata nilai daring sebesar 80,14 dan rata-rata nilai luring sebesar 87,45. Selanjutnya, kelas 12 MIPA 1 memperoleh rata-rata nilai daring sebesar 83,03 dan rata-rata nilai luring sebesar 74,35.
Referensi
Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Faradiba, F. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI SPSS UNTUK ANALISIS STATISTIKA.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).
Fitria, M. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Luring Siswa Kelas V SDN Tegal Alur 21 Petang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 833-840.
Khasanah, S. U., Ardillani, S. P., & Suminar, R. K. (2022, February). INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN MERDEKA BELAJAR YANG INTERAKTIF DAN HUMANISTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL ILMU SOSIAL, SAINS DAN TEKNOLOGI (Vol. 1, No. 1, pp. 101-110).
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.
Mawaddah, D. I. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.
Nesi, Y. M. D., Aditya, S., Harianto, Y. I., Parno, P., & Purwaningsih, E. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Sebelum dan Selama Pandemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pengukuran. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 66-74.
Nur‘Aini, N., Wulandari, M. D., & Psi, S. IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DENGAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK PADA SAAT PANDEMI COVID 19.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Pramudyani, A. V. R., Rohmadheny, P. S., & Kuntoro, S. A. (2021). Pembelajaran humanistik Maslow dan Rogers: Implikasi SN DIKTI selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2037-2049.
Purniawan, P., & Sumarni, W. (2020). Analisis respon siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 784-789).
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Reseliana, A. (2022). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN LURING DENGAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 A LEBONG (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno
Risda, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidrap (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30.
Siregar, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan, 1(2), 13-20.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.