STRATEGI BELAJAR BAHASA JEPANG YANG DIGUNAKAN MAHASISWA PRODI PBJ UNNES

Penulis

  • Ai Sumirah Setiawati Universitas Negeri Semarang
  • Nadia Putri Septiyaningtyas Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i3.60593

Kata Kunci:

Strategi Belajar Bahasa, Bahasa Jepang, Mahasiswa, Unnes, Strategi Oxford

Abstrak

Proses belajar bahasa memerlukan suatu strategi yang berguna untuk mengembangkan kompetensi komunikatif. Strategi belajar yang digunakan pun haruslah sesuai dengan karakteristik tiap individu agar proses belajar menjadi efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi belajar bahasa Jepang yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2020, 2021, dan 2022 ditinjau berdasarkan teori Oxford.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu mahasiswa cenderung menggunakan strategi kognitif, kompensasi, afektif, dan sosial untuk belajar Bahasa Jepang. Kemudian terdapat 6 substrategi yang dominan digunakan mahasiswa, yaitu Analyzing and Reasoning, Practicing, Guessing, Taking your emotional temperature, Encouraging your self, dan Empathizing with others.

Referensi

A. Setiawan, “Belajar dan pembelajaran tujuan belajar dan pembelajaran,” Book, vol. 09, no. 02, pp. 193–210, 2019, [Online]. Available: https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/.

M.Zaim, “Metode penelitian bahasa: pendekatan struktural,” in Metode Penelitian Bahasa, vol. 14, 2018, p. 1.

S. Anitah, “Strategi pembelajaran ekonomi dan koperasi,” Strateg. Pembelajaran, vol. 2, no. 2, p. 120, 2013.

R. . Oxford, Language lerning strategies: what every teacher should know. Boston: Heinle and heinle, 1994.

Fatimah and R. D. Kartikasari, “Strategi belajar dan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa,” Pena Literasi, vol. 1, no. 2, p. 108, 2018, doi: 10.24853/pl.1.2.108-113.

F. Vindayani, “Strategi belajar Bahasa Arab mahasiswa menurut model Oxford,” Pros. Konf. Nas. Bhs. Arab V, pp. 50–55, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/469.

M. R. Afdhol, F. A. Saragih, and V. R. Paskaliana, “Strategi pembelajaran kosakata Bahasa Jepang oleh siswa SMAN 6 Malang,” Jpbj, vol. 8, no. 2, pp. 122–131, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/43714.

A. dan D. A. Hidayat, “Penggunaan strategi belajar Bahasa Inggris oleh pelajar berprestasi,” J. Pendidik. Vokasi Raflesia Vokasi Raflesia, vol. 1 (1), pp. 8–13, 2021.

N. Fadhilah and M. S. Basri, “Learning strategies for student of Japanese Language Education Study Program Ria University who passed JLPT N3,” J. Online Mhs. FKIP UNRI, vol. 8, no. 1990, pp. 1–10, 2021.

N. A. Othman, M. N. A. Mohamed, N. F. Ahmad Powzi, and S. Jamari, “A case study of English Language learning strategies used by engineering students in Malaysia,” Malaysian J. Soc. Sci. Humanit., vol. 7, no. 1, pp. 261–269, 2022, doi: 10.47405/mjssh.v7i1.1216.

Diterbitkan

2023-11-21