PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER JAPANESE CLUB TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 9 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i3.61196Kata Kunci:
Minat belajar, partisipasi siswa , ekstrakurikuler, Japanese ClubAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club terhadap minat belajar bahasa Jepang siswa SMA Negeri 9 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode deskriptif kuantitatif dengan angket sebagai instrumen penelitian. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang mempelajari bahasa Jepang sebagai mata pelajaran lintas minat dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah memperoleh nilai rata-rata 82 dan berada pada kategori sedang. Sedangkan minat belajar bahasa Jepang siswa memperoleh nilai rata-rata 82 dan berada pada kategori sedang. Adapun korelasi Product Moment antara partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club dan minat belajar bahasa Jepang siswa SMA Negeri 9 Pekanbaru diperoleh hasil sebesar 0,634. Korelasi dalam pernyataan tersebut adalah korelasi kuat.
Referensi
Agustiar, O. HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN HASILPUKULAN GATE-IN PADA OLAHRAGA WOODBALL. Bandung: Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2016.
Fauziyah, I. F. ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEBOMAS TERHADAP MATA PELAJARAN LINTAS MINAT BAHASA J7EPANG TAHUN AJARAN 2021/2022, HIKARI , Volume 6, Nomor 1, 228 - 239, 2022.
Laila, P. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Jepang Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa SMA N 4 Magelang. 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang (UNES). [online]. Available: http://lib.unnes.ac.id/21517/1/2302410055-s.pdf
Mugara, R. Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Motif Berprestasi Belajar Siswa di SMKN 6 Bandung. Stkipsiliwangi, Vol 2, No 1, 2015.
Sri Waryanti, L. D. (2019). Pengaruh Ekstrakurikuler Bahasa Jepang terhadap hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambarawa, CHI’E , Vol 7, No 2, 2019.
TARIGAN, N. B. (2018). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. 2022, [online]. Available, http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/769/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.