PENGARUH METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DONGENG

Penulis

  • Siska Indriawati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i3.62556

Kata Kunci:

membaca pemahaman, dongeng, mind mapping

Abstrak

Membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dalam pembelajaran membaca pemahaman pada mahasiswa angkatan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan RPP. Bahan bacaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks dongeng. Diperoleh hasil bahwa metode mind mapping dapat membantu mahasiswa dengan mudah untuk menentukan poin-poin penting dalam teks dongeng. Sehingga dapat memperlancar kemampuan membaca pemahaman mahasiswa dalam memahami dan menceritakan kembali isi teks berdasarkan mind mapping yang telah dibuat.

Referensi

A. Sumaroh, N. Sutjiati. dan A. Dahidi. "Metode Mind Map Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Jepang Tingkat Dasar". Japanedu Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 5-7. 2016

A. Youko dkk. 2006. Yomu koto wo oshieru. Tokyo: The Japan Foundation.

B. Mustofa, “Melejitkan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng”, Yogyakarta: Parama Ilmu, 2015

Nurkamilah. 2016. "Efektivitas metode PQ4R teknik “temukan kesalahannya dulu” dalam pembelajaran membaca bahasa jepang siswa kelas XI SMAN 15 Bandung". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang.

Ogawa, Y. 1984. Nihongo Kyouiku Jiten. Tokyo: Taishuukan Shoten.

T. Buzan, “Buku Pintar Mind Mapp”, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008

Windura, S. 2016. Mind Mapp Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Y. Minha, “Penggunaan Teknik Story Mapping dalam Memahami Teks Naratif Pada Siswa Kelas X KC di SMKN3 Kota Bengkulu”, TRIADIK, vol. 16, no. 2, 2017

Diterbitkan

2023-11-21