PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X B SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6272Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa kelas X B SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT), (2) mendeskripsikan respon siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam meningkatkan penguasaan huruf Hiragana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X B SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, kuesioner dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa. Pada hasil pre-test menunjukkan kondisi awal siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 14,70% dengan rata-rata nilai 58,82. Sedangkan pada siklus I, persentase ketuntasan 50% dengan rata-rata nilai 74,70. Pada siklus II, persentase ketuntasan klasikal 82,35% dengan rata-rata nilai 84,1. (2) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) tergolong sangat positif. Pada siklus I, rata-rata respon siswa adalah 43,15 dan tergolong positif. Pada siklus II, rata-rata respon siswa adalah 45,12, dan tergolong sangat positif.Kata Kunci : Teams Games Tournament, Huruf Hiragana
この研究の目的は、(1)2015年度クブタンバハン国立第一高等学校1年B組の日本語学習でTGTグループ学習法を使用した場合の学習者のひらがな理解能力の向上、(2)ひらがな理解能力を向上させるため、この学習法を使用した場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究は、2周期に渡る教室活動調査である。研究の対象は、2015年度クブタンバハン国立第一高等学校10年B組の生徒34名である。データは、授業観察、テスト、インタビューにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。この研究の結果は、(1)この学習法により、学習者のひらがな理解能力が高められた。これは、プレテストの平均が58.82点、基準値を超えた割合が14.70%のに対し、第一周期終了時ではそれぞれ74.70点、50%、第二周期終了時ではそれぞれ84.1点、82.35%であったことからわかる。(2)この学習法を使用した学習者の反応は、第一周期では43.15ポイントで好意的範疇であった。第二周期では45.12ポイントで大変好意的範疇になった。
keyword : Teams Games Tournament (TGT)、ひらがな
Diterbitkan
2015-11-09
Terbitan
Bagian
Articles