PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Anak Agung Ratih Wijayanti Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i3.67835

Kata Kunci:

penelitian tindakan kelas, model problem based learning, kemampuan berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara pada mahasiswa program studi pengelolaan perhotelan Diploma IV Fakultas Bisnis dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya Tahun Akademik Genap 2022/2023. Subjek pada penelitian ini sejumlah 31 orang, dengan waktu penelitian dari Januari-Mei 2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan langkah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tes lisan digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan berbicara bahasa Jepang. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa pada pretes hingga tes siklus II. Model problem based learning yang diterapkan efektif melatih mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan menggunakan bahasa Jepang tersebut sebagai bahasa pengantar dalam mengatasi masalah tersebut. Pada penelitian ini digunakan subtema yang terkait dengan masalah yang banyak terjadi pada departemen food and beverage yang dilatih pada setiap siklusnya.

Biografi Penulis

Anak Agung Ratih Wijayanti, Universitas Triatma Mulya

Perhotelan Diploma IV

Referensi

Al-alsheikh, Abduelah. 2014. The Origin of Japanese Excellent Customer Service. Studies in Business and Accounting Vol. 8 p.23-40 2014.

Arends, R.I. 2008. Belajar untuk Mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: Mc.Graw Hills. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Karnawati, Rita Agustina & Wisesa, Janet. 2016. Pengaruh Kemampuan Bahasa Jepang Level 5 Pada Receptionist Terhadap Pelayanan Tamu Jepang di Hotel Grande Valore. Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol. 1 No. 1 p 25-30 Tahun 2016.

Narsa, I Ketut. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research Vol.5 No.2 Tahun 2021 pp 165-170

Salindri, Yerika Ayu & Atiqah, Annisaa Nurul. 2018. Kajian Omotenashi dalam Pelayanan Pengunjung di Restoran Jepang. Proceeding International Conference of Japanese Language Education (ICoJLE) 19-20 October 2018.

Susilowati, Dwi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika Vol. 02 No. 01 Pebruari 2018.

Tombalisa, Nur Fadillah dkk. 2022. Kerjasama Jepang dan Indoneia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Program Tokutei Ginou tahun 2019. Interdepence Journal of International Studies Vol. 3 No. 2 Tahun 2022.

Wijayanti, A. A. R. . (2023). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang Tata Graha Berbasis Problem Based Learning pada Program Studi Perhotelan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6016-6023.

Diterbitkan

2023-11-21