Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif yang Dipadukan dengan Permainan Acak Huruf Untuk Meningkatkan Penguasaan Huruf Hiragana pada Siswa Kelas X IIB SMA Negeri 1 Amlapura Tahun Ajaran 2015/2016

Penulis

  • Ni Kt Ari Jijiv Liani .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8048

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk , (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan permainan acak huruf dapat meningkatkan kemampuan penguasaan huruf hiragana pada siswa kelas X IIB SMA Negeri 1 Amlapura tahun ajaran 2015/2016. (2) mengetahui bagaimanakah respon siswa kelas X IIB SMA Negeri 1 Amlapura terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan permainan acak huruf dalam pembelajaran bahasa Jepang khususnya penguasaan huruf hiragana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIB SMA Negeri 1 Amlapura yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan wawancara. Data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada siklus I hasil tes menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa yaitu 83,79% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, (2) siswa mendapatkan manfaat dari penerapan model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan permainan acak huruf dalam pembelajaran bahasa Jepang yaitu dalam pembelajaran menjadi bersemangat dan menyenangkan serta dapat meningkatkan kemampuan penguasaan huruf hiragana siswa.
Kata Kunci : Penguasaan Huruf, Hiragana, Model Pembelajaran Kooperatif, Permainan Acak Huruf.

この研究の目的は、(1)「ばらばら文字カード」ゲームを使用したグループ学習法によって、当校学習者のひらがな理解能力が高められるか、(2)この学習法を使用した場合の、学習者の反応を明らかにすることである。この研究は、ニ周期に渡る教室実践活動調査である。研究の対象は、2015年度アムラプラ国立第一高等学校言語芸術コース10年生の37名である。データは、テスト、授業観察、アンケート、インタビューにより収集し、それを定性的定量的記述法によって分析した。分析の結果、(1)テストにおいて、第一周期終了時では標準値を超えた学習者の割合が83.79%、第二周期終了時のそれは100%であった。(2)学習者は、この学習法によって楽しく、興味を持って授業に臨め、ひらがな理解能力を向上させるために有益であると考えている。
keyword : 文字理解、ひらがな、グループ学習法、「ばらばら文字カード」ゲーム

Diterbitkan

2016-07-28

Terbitan

Bagian

Articles