ANALISIS PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH BUNPOU V (TATA BAHASA V) JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN AJARAN 2015/206

Penulis

  • Kadek Tiara Virgianti .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8194

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi yang digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Bunpou V (Tata Bahasa V) (2) perbedaan aktivitas dan respon mahasiswa antara di kelas A dengan di kelas B. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah Bunpou V dan mahasiswa yang mengikuti pembeajaran mata kuliah Bunpou V. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Bunpou V adalah strategi diskusi, strategi kelompok kecil, dan strategi kooperatif berbasis Problem Based Learning (2) perbedaan aktivitas dan respon mahasiswa, antara di kelas A dengan di kelas B terlihat pada saat penyampaian hasil analisis kelompok oleh mahasiswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Bunpou, strategi pembelajaran

本研究の目的は、(1)日本語教育学科講義「文法V」において、担当講師が用いる指導法、(2)A クラス、Bクラスによる学習者の反応と活動の相違点について明らかにしたものである。この研究は、定性記述研究である。研究の対象は、日本語教育学科「文法V」を指導する講師及びそれを履修するA クラス、Bクラスの学生である。データは、インタビュー、授業観察、写真資料により収集し、それを定性的記述法により分析したものである。分析の結果、(1)「文法V」を担当する講師が用いる学習法は、プロブレムベースラーニング法に基づくディスカッション、小グループ、共同学習である。(2)A クラス、Bクラスの学習者の反応と活動には、学生によるグループの分析結果を発表する際に相違点がある。
keyword : プロブレムベースラーニング、文法、学習法

Diterbitkan

2016-08-03

Terbitan

Bagian

Articles