PENGEMBANGAN BUKU ISSHO NIHONGO SEBAGAI BUKU AJAR EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Penulis

  • I Gede Puspa Antara .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8252

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku ajar bahasa Jepang yang memuat materi tentang akomodasi perhotelan dan restoran, (2) membuktikan kelayakan buku Issho Nihongo sebagai buku ajar berdasarkan uji ahli. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D model. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina dan peserta didik ekstrakurikuler bahasa Jepang SMK N 2 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sebuah produk berupa buku ajar bahasa Jepang yang berjudul Issho Nihongo. Buku ini terdiri dari 9 bab yaitu Bab 1 (salam dan ungkapan), Bab 2 (memesan), Bab 3 (check in), Bab 4 (mengantar tamu), Bab 5 (menangani keluhan), Bab 6 (di restoran 1), Bab 7 (di restoran 2), Bab 8 (di restoran 3) dan Bab 9 (di restoran 4). Setiap bab dalam buku ini terdiri dari beberapa bagian yaitu nama bab dan materinya, indikator pencapaian, percakapan, pola kalimat dan soal-soal latihan. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan CD native speaker, transcript CD, kunci jawaban, dan kumpulan kosa kata. (2) Berdasarkan hasil uji ahli, buku Issho Nihongo sudah layak digunakan sebagai buku ajar di ekstrakurikuler bahasa Jepang dengan skala penilaian “5” yaitu sangat layak.
Kata Kunci : Bahasa Jepang, Buku Ajar, Issho Nihongo, Ekstrakurikuler, Penelitian Pengembangan

本研究の目的は、(1)シンガラジャ公立第二実業高等学校日本語課外授業のホテル観光およびレストラン調理分野で使用する日本語教本の作成、(2)専門家により本書が適切であるかを確認することである。本研究は4Dモデルを用いた。研究の対象はシンガラジャ公立第二実業高等学校日本語課外授業の指導者および学習者である。データは観察、インタビュー、アンケートにより収集し、それを定性的記述法によって分析した。本研究の結果、(1)同校日本語課外授業において使用できる教本「一書日本語」を作成した。本書は第一章「あいさつと慣用表現」、第二章「予約」、第三章「チェックイン」、第四章「接客」、第五章「苦情処理」、第六章「レストラン一」、第七章「レストラン二」、第八章「レストラン三」、第九章「レストラン四」の九章から成り立っている。各章は学習目的、会話、文型、練習問題の項目に分けられ、日本人によるCDと聴解スクリプト、解答,単語集が付いている。(2)この教本は専門家により適切であると確認され、5段階評価のうち最高の5であった。
keyword : 日本語、教本、一書日本語、課外授業、作成研究

Diterbitkan

2016-08-05

Terbitan

Bagian

Articles