PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS IX C SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Tri Satya Laksana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas, dan (2) hasil belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay) pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar dikumpulkan melalui metode tes yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I sebesar 13,93 dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi 17,18 dengan kategori aktif pada siklus II. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata- rata skor hasil belajar siklus I sebesar 73,83 dengan kategori cukup selanjutnya meningkat menjadi 80,88 dengan kategori baik pada siklus II.

Downloads

Published

2017-06-15

Issue

Section

Articles