STUDI KOMPARATIF TENTANG PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMA NEGERI 1 NEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017

Ni Putu Winda Susanti, Anjuman Zukhri, Made Ary Meitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang aktif dalam OSIS dan yang tidak aktif dalam OSIS, serta perbedaan prestasi belajar antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam OSIS di SMA Negeri 1 Negara tahun ajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan pendekatan   kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 709 siswa dengan sampel 82 siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Independent Sample T-Test yang diolah dengan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata nilai prestasi belajar siswa yang aktif dalam OSIS sebesar 85 tergolong dalam kategori sangat baik, rata-rata nilai prestasi belajar siswa yang tidak aktif dalam OSIS sebesar 82 tergolong dalam kategori baik, dan ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam OSIS di SMA Negeri 1 Negara tahun ajaran 2016/2017, dengan perolehan t-hitung > t- tabel (3,792 > 1,66412).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20063

Article Metrics

Abstract view : 892 times
PDF file view : 930 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4