STUDI KOMPARATIF TENTANG PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMA NEGERI 1 NEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017

Penulis

  • Ni Putu Winda Susanti
  • Anjuman Zukhri
  • Made Ary Meitriana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20063

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang aktif dalam OSIS dan yang tidak aktif dalam OSIS, serta perbedaan prestasi belajar antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam OSIS di SMA Negeri 1 Negara tahun ajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan pendekatan   kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 709 siswa dengan sampel 82 siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Independent Sample T-Test yang diolah dengan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata nilai prestasi belajar siswa yang aktif dalam OSIS sebesar 85 tergolong dalam kategori sangat baik, rata-rata nilai prestasi belajar siswa yang tidak aktif dalam OSIS sebesar 82 tergolong dalam kategori baik, dan ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam OSIS di SMA Negeri 1 Negara tahun ajaran 2016/2017, dengan perolehan t-hitung > t- tabel (3,792 > 1,66412).

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles