STUDI KOMPARATIF AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20095Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar, perbedaan hasil belajar, dan perbedaan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar, hasil belajar dan model kooperatif tipe make a match. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe make a match dengan model konvensional ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,040 < 0,05, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model konvensional ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model konvensional ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05.Downloads
Published
2019-06-09
How to Cite
Masini, N. M., Haris, I. A., & Indrayani, L. (2019). STUDI KOMPARATIF AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUKASADA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 129–139. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20095
Issue
Section
Articles