STUDI KOMPARATIF AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • Ni Made Masini
  • Iyus Akhmad Haris
  • Luh Indrayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20095

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar, perbedaan hasil belajar, dan perbedaan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar, hasil belajar dan model kooperatif tipe make a match. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan  aktivitas  belajar  antara  siswa   yang  dibelajarkan  dengan  model kooperatif tipe make a match dengan model konvensional ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,040  <  0,05, terdapat  perbedaan hasil  belajar  antara  siswa  yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model konvensional ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan terdapat perbedaan  aktivitas  dan  hasil  belajar  antara  siswa  yang  dibelajarkan  dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan model konvensional ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Downloads

Published

2019-06-09

Issue

Section

Articles