ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL SATE LILIT IKAN LAUT DI DESA LEBIH KABUPATEN GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v3i1.1167Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal, kondisi eksternal, dan strategi berdasarkan analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi lingkungan internal yang menyangkut kekuatan menunjukan bahwa: produk berkualitas tinggi, harga terjangkau, promosi optimal, kepuasan kerja karyawan cukup tinggi, dan kondisi kerja kondusif adapun kelemahan usaha kecil sate lilit adalah produk kurang bervariasi, ada perbedaan harga diantara usaha sejenis, tidak memiliki cabang usaha, pengelolaan keuangan dan tenaga kerja kurang baik. Kondisi lingkungan eksternal yang menyangkut peluang yang dimiliki yaitu dapat meningkatkan kesempatan kerja, pemanfaatan teknologi produksi secara baik, sedangkan ancaman bagi usaha kecil sate lilit adalah kebijakan perekonomian, pesaing. Oleh sebab itu strategi yang harus ditetapkan usaha kecil ini adalah integrasi horisontal, diversivikasi konsentrik, dan joint venture.
Kata kunci: faktor eksternal, faktor internal, strategi pengembangan