IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR

Penulis

  • Agus Adi Wiguna

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v3i1.1236

Abstrak

AbstrakPenelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS terstruktur pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian terhadap keaktifan siswa pada siklus I sebesar 14.64 (cukup aktif), meningkat menjadi 16.70 (aktif) pada sikus II, meningkat menjadi 18.39 (aktif) pada siklus III. Persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 71.74% (cukup baik), meningkat menjadi 75.65% (baik) pada siklus II, meningkat menjadi 79.57% (baik) pada siklus III. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar ekonomi meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS terstruktur.Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, kooperatif tipe STAD, LKS terstruktur

Diterbitkan

2013-08-19

Terbitan

Bagian

Articles