KONTRIBUSI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2016-2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19990Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2016- 2017, dan (2) kontribusi perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2016 – 2017. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII 1 – VIII 6 SMP Negeri 2 Singaraja. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan (korelasi) yang positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2016 – 2017. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rhitung 0.274 > rtabel 0.1637 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah (X) terhadap hasil belajar IPS (Y) adalah sebesar 0.075 hal ini berarti pemanfaatan perpustakaan sekolah memiliki hubungan sebesar 0.075 (7.5%) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2016 – 2017, sedangkan sisanya 0.925 (92.5%) dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian in