Pengaruh Brand Equity Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus di Kota Tabanan

Authors

  • I Made Sukma Diarta Program Studi Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Program Studi Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.32703

Keywords:

Brand Equity, Product Quality, Purchasing Decisions.

Abstract

This study aims to examine the effect of brand equity and product quality simultaneously and partially on purchasing decisions. The research design used is quantitative causal. The subject of this research is the consumer of Asus laptop in Tabanan city and the object of research is brand equity, product quality and purchasing decision. Data were collected using a questionnaire method with multiple linear regression analysis. The results showed that (1) brand equity and product quality had a significant effect on purchasing decisions by 69.2%, (2) brand equity had a positive and significant effect on purchasing decisions by 31.3%, (3) product quality had a positive and significant effect. to the purchasing decision of 31.5%.

Author Biography

I Made Sukma Diarta, Program Studi Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha

Ds belumbang, kecamatan Kerambitan Kabupaten tabanan

References

Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. doi: 10.23887/jjpe.v9i1.19997.

Ali, I., Irdiana, S., & Irwanto, J. (2019). Dampak Brand Image, Brand Equity dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus (Studi pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre di Kabupaten Lumajang). Progress Conference, 2(July), 406–413.

Amrullah, P. S. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Bella, O. K., & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Materi Massa Jenis Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(10).

Irawati, N., & Kurniawan, S. (2017). Pengaruh Desain dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Kepuasan Pembelian Laptop Asus. Manajemen Dewantara, 1(1), 25–37.

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Poduk terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 04(1), 43–51.

Nujulia. (2015). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Pasta Gigi Pepsodent (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 39(1), 35–37.

Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Kartu Perdana Simpati Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 138–147.

Pujiwidodo, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet yang Dimediasi oleh Minat Beli (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Provider Tri di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta) SKRIPSI.

Putra, D. A., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen UNISMA, 06(1), 122–129.

Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian di Gerai Starbucks Coffee (Studi pada Konsumen Domestik Starbucks Coffe di Wilayah Bali). Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 470. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p18.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. . (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey:Pearson Prentice Hall.

Setiyana, Y., & Widyasari, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Honda Vario. Prosiding SENDI_U 2019, 8(11), 1–16.

Siti Nur Nahya, N.Rachma, A. R. S. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen DRK Cafe Bondowoso). Universitas Islam Malang, 8(11), 1–16.

Viana, R., & Wartini, S. (2016). Pengaruh Atribut Produk, Iklan dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Sepeda Motor Merek Lain ke Merek Honda. Management Analysis Journal, 5(2), 128–135.

Widiawati, & Raymond. (2020). Journal Of Management, Accounting, Economic and Business. Pengaruh Kepemiikan Institusional, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, 01, 264–274.

Widyasari, S., & Fifilia, T. (2009). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi pada Perumahan Graha Estetika Semarang). Tema Indah Manajemen, 6, 159–169.

Downloads

Published

2021-12-25

Issue

Section

Articles