penerapan model pembelarajan kooperatif metode snowball throwing berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium undiksha singaraja tahun 2016/2017

Authors

  • Putu Mindri Sri Agustini .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v8i3.8719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan motivasi, dan (2) aktivitas belajar mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode snowball throwing berbantuan media powerpoint pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data motivasi dan aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor motivasi belajar siklus I sebesar 7,83 dengan kategori cukup baik selanjutnya meningkat menjadi 9,8 dengan kategori baik pada siklus II. (2) penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I sebesar 8,25 dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi 10,25 dengan kategori baik pada siklus II.
Kata Kunci : Motivasi belajar, aktivitas belajar dan metode pembelajaran snowball throwing

This study aims to determine (1) increased motivation, and (2) the activity of economic subjects learned through the implementation of cooperative learning model-assisted method of snowball throwing powerpoint media in class XI IPS 2 Undiksha Singaraja Laboratory High School academic year 2016/2017. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Data motivation and learning activities are collected by the method of observation. The collected data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The results showed that, (1) the application of throwing snowball method can increase students' motivation shown by the average score of the motivation to learn the first cycle of 8 with good enough category is further increased to 9.74 with both categories at the second cycle. (2) the application of throwing snowball method can improve students' learning activities as indicated by the average score of the first cycle of learning activities 8.24 with active enough category is further increased to 10.25 with both categories at the second cycle.
keyword : learning motivation, learning activites and snowball throwing method

Published

2016-11-02

Issue

Section

Articles